Seekor Tapir Ditemukan Nyasar Masuk Sungai, Kaki Cidera Ditarik Warga


Jumat, 18 Februari 2022 - 09:07:10 WIB
Seekor Tapir Ditemukan Nyasar Masuk Sungai, Kaki Cidera Ditarik Warga Foto: screenshoot unggahan instagram mediasinarpagigroup

RIAUIN.COM - Seekor satwa langka jenis Tapir muncul di aliran sungai dekat pemukiman warga yang berada di kawasan Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) Kamis (17/2/2022) sore.

Dilihat Riauin.com, Jum'at (18/2/2022), video penampakan Tapir itu beredar di media sosial Instagram. Kemunculan tapir ini menjadi tontonan warga sekitar. Lokasi hewan itu muncul, diketahui berada tidak jauh dari hutan Bukit Barisan.

Dilansir dari laman Instagram Mediasianrpagigroup, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar langsung menurunkan tim untuk menyelamatkan hewan langka yang dilindungi itu.

“Alhamdulillah sudah ada petugas yang kesana,” ujar Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono , Kamis (17/2/2022).

Ardi menyebutkan, pihaknya akan melakukan periksaan kondisi Tapir itu terlebih dahulu sebelum dikembalikan ke habitatnya.

“Kalau memang tidak perlu perawatan, maka bisa langusng digiring kembali ke hutan,” ungkapnya.

Informasi sementara, sebut Ardi, hewan itu mengalami luka di kaki, karena ditarik masyarakat menggunakan tali saat evakuasi dari sungai. Menurutnya, masyarakat telah berusaha mengevakuasi, namun dengan cara yang salah, sehingga kakinya mengalami cedera.

"Masyarakat juga baru melapor ke BKSDA setelah Tapir itu cidera,” ucapnya.-dnr