Seekor Gajah Liar Jantan Terekam CCTV Melintas di Tol Pekanbaru-Dumai


Rabu, 16 Februari 2022 - 15:47:00 WIB
Seekor Gajah Liar Jantan Terekam CCTV Melintas di Tol Pekanbaru-Dumai Kolase foto gajah liar lewati Tol Permai/foto:dok. BKSDA Riau

RIAUIN.COM - Seekor gajah liar dewasa berjenis kelamin jantan berusia kira-kira 25 tahun melintasi Jalan Tol Pekanbaru Dumai (Permai), Selasa (15/2/2022) sekira pukul 06.15 WIB.

Gajah Jantan jenis Condet tersebut melintas tepatnya di kilometer 73 plus 250 dari arah Giam Siak Kecil (GSK) menuju Balai Raja.

Kepala Bidang Teknis Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, M Mahfud S Hut mengatakan, Gajah Condet tersebut selalu bolak-balik antara kantong Balai Raja dan GSK.

"Jadi, Gajah Condet ini memang masuk di wilayah kantong Balai Raja, tinggal sendiri, sehingga dia (gajah, red) untuk mendapatkan teman bermain, karena dia gajah jantan tentu memiliki hasrat untuk mengawini gajah-gajah betina yang ada di GSK ini", kata Mahfud, Rabu (16/2/2022) siang.

Menurutnya, gajah tersebut membutuhkan waktu sekitar tiga bulan bolak-balik dari Balai Raja untuk kembali ke GSK.

"Pergi dan kembalinya dari Balai Raja itu sekitar tiga bulan. Jadi dari Balai Raja, nanti di GSK dia itu sekitar tiga bulan dan kembali lagi, itu dari data-data yang ada dan GPS Polar dari gajah itu," ujar Mahfud.

Dikatakan Mahfud, gajah tersebut tidak melewati terowongan dan melintas di jalan tol disebabkan cuaca pada malam itu dalam keadaan hujan yang cukup deras, sehingga underpass untuk dilalui gajah menjadi tertutup disebabkan genangan air.

"Memang disitu ada aliran air sungai kecil, sehingga begitu hujan deras sehingga tertutup air. Si Gajah Condet ini ketika melintas di underpass tidak bisa karena terowongannya tertutup air," sebutnya.

Hal tersebut membuat gajah itu melintas mengarah ke kanan jalan dan mencari titik terendah untuk melewati pagar yang ada disana. 

"Dia (gajah, red) melangkah dengan cara merobohkan satu pagar beton. Kejadiannya di kilometer 73 plus 250, sementara underpassnya itu berada di kilometer 72," kata Mahfud.

Dikatakan Mahfud, dari pantauan terakhir dirinya yang langsung terjun ke lokasi, saat ini Gajah Condet tersebut posisinya sekitar empat kilometer dari tol mengarah ke dalam  kawasan Balai Raja.

Beruntung, peristiwa masuknya gajah ke jalur tol ini tidak menimbulkan kecelakaan bagi pengguna jalan dan membahayakan keselamatan gajah itu sendiri.-dnr