Cegah Radikalisme, Kesbangpol Dukung Program FKPT Riau


Kamis, 10 Februari 2022 - 18:14:43 WIB
Cegah Radikalisme, Kesbangpol Dukung Program FKPT Riau Kepala Kesbangpol Riau bersama Ketua FKPT Riau dan sejumlah pengurus FKPT Riau berfoto disela-sela kegiatan. F: Dok FKPT Riau

RIAUIN.COM - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting mendukung dan menyambut baik program kerja Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Riau. Terutama dalam hal mencegah radikalisme dan terorisme melalui sosialisasi kepada masyarakat.

Hal itu dikatakan Jenri didampingi Kabid Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik, Frida, saat menerima audiensi pengurus baru FKPT Riau Periode 2022-2025, Kamis (10/2/2022) siang, di ruang kerjanya. 

Dikatakannya, tupoksi FKPT dengan Kesbangpol sedianya sejalan. Karena itu diperlukan koordinasi, komunikasi dan kerja sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

"Keberadaan FKPT ini harus sampai ke lini paling bawah, sampai ke pelosok di Riau ini. Tugas FKPT Riau yang sudah dilakukan Ketua FKPT Riau ini luar biasa, sangat mulia dan parut mendapat apresiasi," kata Jenri.

Sementara itu Ketua FKPT Riau, Hj Dinawati didampingi sejumlah pengurus FKPT Riau, yakni RI Edasa (Sekretaris), Herlina Nurdyanty (Bendahara),  Novita (Kabid Humas, Publikasi dan Media) Novita,  Setyo Utomo  (Kabid Penyuluhan dan Agama) serta para Satgas FKPT Riau. 

Pada kesempatan itu Dinawati berharap kedepan Kesbangpol dapat melibatkan FKPT dalam kegiatan yang terkait dengan tupoksi FKPT. Karena sejauh ini FKPT masih berjalan sendiri di tengah keterbatasan anggaran dari BNPT.

"FKPT ini keberadaannya langsung di bawah Kementerian BNPT. Karena keberadaannya vertikal, kami berharap adanya bantuan dari pemerintah daerah, dalam hal ini Pemprov Riau. Khususnya lagi Kesbangpol untuk menunjang program kerja kami," ujar Dina.

Selama periode kemarin saja, lanjutnya, ada 72 kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Ketua FKPT Riau dua periode ini. Karena keterbatasan anggaran itu, program tersebut dapat berjalan dengan menyisipkan sosialisasi pencegahan radikalisme kepada masyarakat, disetiap kegiatan ormas yang dia pimpin. 

Menanggapi kondisi tersebut, Jenri berjanji akan menggandeng FKPT Riau dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan tupoksi BNPT/FKPT.

"Saya baru tahu begitu mulianya tugas FKPT ini dalam menjaga kesatuan Bangsa kita ini. Selama ini hanya kami dari Kesbangpol yang melakukan sosialisasi, karena memang itulah tugas kami. Ke depan kita akan sinergikan dengan FKPT," ucap Jenri. 

Usai audiensi Dinawati menyerahkan buku program kerja FKPT Periode 2019-2021 kepada Kaban Kesbangpol Riau, sebagai bentuk laporan kegiatan. - tra