Jelang Porprov Riau 2022, Seluruh Venue Olahraga di Kuansing Hampir Rampung


Jumat, 28 Januari 2022 - 08:56:15 WIB
Jelang Porprov Riau 2022, Seluruh Venue Olahraga di Kuansing Hampir Rampung Venue sepakbola di Kuansing/foto:hen

RIAUIN.COM - Pekan Olaharaga Provinsi (Porprov) Riau 2022 segera dihelat. Sarana dan prasarana olahraga di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) terus dibenahi. Dalam kurun waktu dua tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing gencar merenovasi fasilitas dan sejumlah venue olahraga.

Salah satunya Stadion Utama Sport Centre, sejak tahun 2021 lalu mulai direnovasi secara bertahap. Mulai dari perombakan lapangan sepak bola dan penggantian rumput. Saat ini kondisi lapangan tersebut sudah lebih representatif dengan rumput yang berstandar.

Plt Kepala Dispora Kuansing Masrul Hakim melalui Kabid Sarana dan Prasarana Yusrizal memastikan venue untuk Porprov tersebut beres.

"Tahun ini beres semuanya," kata Yusrizal kepada Riauon.com, Kamis (27/1/2022) malam.

Yusrizal mengakui, meskipun ada beberapa item pekerjaan yang masih terlambat penyelesaiannya, namun dengan masa penambahan waktu pada satu bulan kedepan akan tuntas semuanya, karena saat ini beberapa item tersebut progres nya sudah diatas angka 90 persen.

Diketahui, sebelumnya lapangan tersebut konturnya tidak rata, dan permukaannya keras serta memakai rumput biasa. Tahun ini stadion utama tersebut dilengkapi lintasan atletik. Pemasangan lintasan atletik menggunakan standar internasional, sesuai World Athletics yang sebelumnya bernama International Association of Athletic Federation (IAAF). Bahannya menggunakan rubber dengan ketebalan sesuai dengan ketentuan.

Tambahan fasilitas ini akan membuat wajah Stadion utama menjadi lebih menarik. Penambahan lintasan atletik ini dilakukan dalam rangka menyambut multievent Porprov Riau 2022, dimana Kuansing menjadi salah satu tuan rumahnya.

Kehadiran lintasan atletik yang berstandar ini bakal menopang pembinaan olaharaga atletik di Kabupaten Kuansing. Begitu pula dengan perbaikan GOR B yang di dalamnya terdiri dari fasilitas lapangan voly dan basket akan membuat para atlit semakin nyaman untuk bertanding.

Selain di Stadion utama dan Gor B, pembenahan sarpras olahraga juga menyasar cabor dayung, tenis lapangan serta cabor sepak takraw.

Untuk cabor dayung, kini perbaikan telah tuntas dilakukan. Wajah venue dayung kanopi telah berubah total dan kini telah menarik untuk di pandang. 

Sepanjang bibir arena telah dilengkapi penerangan dengan lampu LED berteknologi tenaga surya. Tribun pengunjung, pun telah dibenahi. Sementara bangunan penunjang di sekitaran arena dayung telah di cat dengan warna yang menarik. Kesan kusam sebelumnya kini semakin elok di pandang mata.-hen