Jalan Amblas 2 Meter di Parit Indah, Bina Marga Pekanbaru Gesa Perbaikan


Selasa, 25 Januari 2022 - 11:32:02 WIB
Jalan Amblas 2 Meter di Parit Indah, Bina Marga Pekanbaru Gesa Perbaikan Pengerjaan jalan amblas di Parit Indah oleh Bina Marga PUPR Pekanbaru/foto:dnr

RIAUIN.COM - Lubang besar akibat gorong-gorong amblas di Jalan Datuk Setia Maharaja Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, mengakibatkan kemacetan dan ketidaknyaman bagi pengendara dan warga sekitar. Pasalnya, gorong-gorong yang amblas tersebut berada tepat di badan jalan dan memiliki kedalaman hingga 2 meter.

Untuk mengantisipasi bertambah luasnya jalan yang amblas dan menghindari resiko kecelakaan bagi pengguna jalan, Bina Marga Dinas PUPR Kota Pekanbaru melakukan perbaikan struktur jalan dengan menurunkan alat berat untuk mengganti gorong-gorong yang pecah.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Syamsul Asyri saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini pihaknya melakukan rekonstruksi terhadap box culver yang amblas tersebut dan menggantinya dengan yang baru.

"Proses perbaikan dimulai dari pengerukan bagian yang amblas sedalam kurang lebih dua setengah meter. Selanjutnya pihak Bina Marga akan mengganti gorong-gorong yang amblas tersebut dengan konstruksi yang baru," ujar Syamsul Asyri, Selasa (25/1/2022) kepada Riauin.com.

Menurutnya, kalau cuaca baik, proses pengerjaan ini sesuai rencana selesai dalam lima belas hari kerja dengan mengutamakan kenyamanan dan kemanan masyarakat yang berkendara, sehingga tidak menimbulkan kemacetan dalam pengerjaan.

"Untuk menghindari ketidaknyaman berlalu lintas dan menghindari kecelakaan, maka kita secepatnya melakukan perbaikan yang mungkin kalau tidak ada halangan akan memakan waktu 15 hari pengerjaan. Kami juga secara swadaya melakukan pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan," sambungnya.

Ditempat yang sama, salah seorang warga mengatakan, jalan amblas ini telah menimbulkan sejumlah kecelakaan di lokasi, baik dari pengendara roda dua maupun roda empat.

"Ini sudah banyak terjadi (kecelakaan, red), kurang lebih ada 15 kali semenjak amblas, ada juga yang beruntun karena truk berhenti mendadak," jelas M Arifin.

Menurutnya Arifin, warga sangat mengapresiasi pengerjaan rekonstruksi yang dilakukan oleh Bina Marga Dinas PUPR Kota Pekanbaru yang telah cepat tanggap untuk memperbaiki jalan tersebut.

"Alhamdulillah, ini yang ditunggu-tunggu warga, semoga cepat selesai dan jalur lalu lintas kembali normal," tutupnya.-dnr