Penduduk Miskin Pekanbaru Akibat Urbanisasi Tinggi


Ahad, 23 Januari 2022 - 22:57:16 WIB
Penduduk Miskin Pekanbaru Akibat Urbanisasi Tinggi Wajah Kota Pekanbaru

RIAUIN.COM- Masalah kemiskinan di Kota Pekanbaru dari tahun ke tahun tak kunjung selesai. Penurunan jumlah penduduk miskin sulit dicapai di Kota Bertuah ini akibat angka urbanisasi yang tinggi.

Tercatat dari data Badan Pusat Statistik Pekanbaru, angka urbanisasi atau perpindahan penduduk dari luar kota atau desa ke Pekanbaru mempengaruhi angka kemiskinan. Dari jumlah lebih kurang 1 juta penduduk Kota Pekanbaru, 2,83 persen adalah masyarakat miskin.  

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi Sabtu (22/1/2022) menanggapi fenomena kemiskinan ini menyebutkan, arus urbanisasi di Pekanbaru sulit terbendung karena merupakan kota perdagangan dan jasa. Sehingga jumlah penduduk miskin terus bertambah.

"Program pengentasan kemiskinan baru menyentuh 58 kelurahan dari total 83 kelurahan yang ada di Pekanbaru. Di tahun 2021 tercatat persentase masyarakat miskin mencapai 2,83 persen," kata Ayat. 

Tim Koordinator Pengentasan Kemiskinan (TKPK) Kota Pekanbaru saat ini berupaya mengoptimalkan upaya mengentaskan kemiskinan. Program TKPK merupakan salah satu upaya dalam mengentaskan kemiskinan.

"Kita ingin TKPK Kota Pekanbaru terus berjalan, tidak hanya itu kita juga memastikan dana yang bergulis untuk program pengentasan kemiskinan sampai ke masyarakat," ucapnya.  - vie