Pulang Umroh Wajib Karantina Mandiri, Kemenag Riau Usulkan di Asrama Haji


Ahad, 23 Januari 2022 - 18:33:00 WIB
Pulang Umroh Wajib Karantina Mandiri, Kemenag Riau Usulkan di Asrama Haji Kakanwil Kemenag Riau, Mahyudin

RIAUIN.COM- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Mahyudin mengusulkan jamaah umroh yang pulang dari Arab Saudi bisa karantina di asrama haji. Usulan tersebut telah disampaikannya melalui surat ke Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, sebagai tindak lanjut kebijakan pemerintah agar jamaah pulang umroh wajib karantina mandiri di hotel yang telah ditentukan. 

Pemerintah telah menetapkan 143 hotel di Jakarta sebagai tempat karantina. Karantina akan dijalani paling tidak selama tujuh hari dengan biaya yang ditanggung oleh jamaah. 

"Kami dan asosiasi 0perjalanan haji dan umroh telah melayangkan surat ke Satgal Penanganan Covid-19 Nasional. Namun memang belum ada respon," kata Mahyudin seperti dilansir dari mediacenter.riau, Minggu (23/1/2022).

Dalam surat itu disebutkan, pihaknya minta agar pemerintah memberikan kelonggaran supaya karantina jamaah pulang umroh dilakukan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Hal itu agar jamaah tidak terbebani dengan biaya sewa hotel selama sepekan.

"Proses karantina jamaah pulang umroh telah diatur dalam ketentuan Satgas Penanganan Covid-19. Jamaah hanya boleh menjalani proses karantina di hotel-hotel yang telah disediakan," ujarnya.

Kebijakan tersebut dalam rangka mengantisipasi masuknya Covid-19 varian Omicron, apalagi sebagian besar telah menyebar di banyak negara di belahan dunia.

Dikatakan Mahyudin, proses karantina jamaah pulang umroh hanya boleh dilakukan di Jakarta, tidak dibenarkan dilaksanakan di provinsi. -vie