Bangun Tidur Dianjurkan Minum Air Putih, Ketahui 5 Manfaatnya


Jumat, 21 Januari 2022 - 06:29:19 WIB
Bangun Tidur Dianjurkan Minum Air Putih, Ketahui 5 Manfaatnya

RIAUIN.COM - Sejak dulu air putih dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan untuk tubuh. Mulai dari menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, melancarkan saluran pencernaan, sampai membantu menurunkan berat badan. Oleh sebab itu minum air di pagi hari setelah bangun tidur sangat dianjurkan.
 
Menurut beberapa jurnal kesehatan, air putih dianjurkan di minum di pagi hari saat baru bangun tidur ketika perut masih kosong. Fungsinya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama tidur berjam-jam, agar tidak dehidrasi.

Dilansir dari Pinnacle Care (20/1/2021), ini manfaat minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari.

1. Menurunkan Berat Badan

Beberapa orang percaya bahwa minum air putih di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan. Dari beberapa jurnal kesehatan ditemukan orang dewasa paruh baya dan lebih tua, berat badannya menurun ketika mereka minum 500 ml air sebelum makan termasuk sarapan selama 12 minggu.

Seperti dilansir Medical News Today, sebagian peneliti menghubungkan penurunan berat badan ini dengan penurunan asupan energi dari makanan di antara peserta yang minum air. Ini berarti mereka makan lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air sebelum makan.

2. Baik untuk Fungsi Tubuh

Asupan air yang cukup juga penting dalam banyak fungsi tubuh. Minum air putih dapat membantu ginjal mengeluarkan air limbah dari tubuh.

Menurut beberapa ahli kesehatan, peningkatan asupan cairan dapat mencegah urolitiasis, yang terjadi ketika batu hadir di saluran kemih.

Begitu juga dengan salah satu studi tentang air putih, yang menemukan bahwa orang membutuhkan asupan air yang cukup untuk fungsi sistem kardiovaskular yang tepat. Studi tersebut mencatat bahwa dehidrasi dan asupan air yang tidak memadai berdampak negatif pada regulasi tekanan darah dan fungsi vaskular.

Dan untuk sendi dan tulang, air adalah komponen dari cairan pelumas di sekitar sendi, yang dapat membantu meredakan nyeri sendi.

3. Baik untuk Kulit

Beberapa orang percaya bahwa peningkatan asupan cairan dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. Kulit mengandung sekitar 30 air, yang membantu kulit meningkatkan elastisitas dan kekenyalannya.

Beberapa penelitian seputar air putih menemukan bahwa peningkatan asupan air mungkin berdampak positif pada fisiologi kulit - tampak lebih terhidrasi, terutama pada peserta yang biasanya minum lebih sedikit air.

4. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Minum lebih banyak air putih membantu meluruhkan zat kimia dalam urin. Usahakan untuk minum air putih 2 liter sehari. Minuman jeruk juga dapat membantu, seperti lemonde dan jus jeruk. Kekurangan cairan dalam tubuh yang disebabkan kurangnya konsumsi air putih mempercepat pembentukan batu ginjal yang semakin meningkatkan risiko. Batu ginjal yang terbentuk akibat adanya infeksi di saluran kencing ini disebut batu struvite.

5. Meningkatkan Mood
Minum air juga memiliki efek positif pada suasana hati seseorang. Sebuah studi pada 2014 menemukan bahwa orang yang biasanya minum air dalam volume rendah memiliki suasana hati yang lebih baik ketika mereka meningkatkan asupan air.

Penelitian yang sama menemukan bahwa ketika orang yang biasanya minum air dalam jumlah banyak mengurangi asupan air mereka. Biasanya mereka mengalami rasa haus yang lebih kuat. penurunan ketenangan dan emosi negatif. - tra