Sempat Dihadang Massa, Tim DLH Bengkalis Pasang Plang Penyegelan PT SIPP


Kamis, 20 Januari 2022 - 21:55:38 WIB
Sempat Dihadang Massa, Tim DLH Bengkalis Pasang Plang Penyegelan PT SIPP https://www.youtube.com/watch?v=u4-pW5eXPAg

RIAUIN.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis kembali mendatangi Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT Sawit Inti Prima Perkasa (SIPP) di Jalan Rangau Kilometer 6, Kelurahan Pematang Pudu,  Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Kamis (20/01/2022).

Kedatangan tim DLH Bengkalis untuk melakukan pencabutan izin usaha dari PMKS milik PT SIPP dan juga pemasangan plang penyegelan di kawasan tersebut karena perusahaan itu tidak memiliki surat izin pengolahan limbah lingkungan.

Namun saat melakukan pencabutan izin dan penyegelan, tiba-tiba puluhan massa menghadang dari tim DLH Bengkalis, hingga terjadi keributan. Massa yang hadir di lokasi menyatakan keberatan, dan tidak mau PT SIPP disegel oleh DLH Bengkalis. Untung saja tidak terjadi hal yang serius karena sejumlah aparat kepolisian dan tim keamanan siap siaga mengawal keadaan.

Dalam pemasangan penyegelan yang dilakukan DLH Bengkalis tampak hadir Camat Mandau, Polres Bengkalis, Dandim, Polsek Mandau, Danramil, Satpol PP, Lurah Pematang Pudu dan masyarakat Sakai yang terkena imbas dari limbah tersebut. Karena merasa terganggu akibat kehadiran massa, DLH Bengkalis meminta manajemen PT SIPP untuk tidak menghalangi kerja DLH saat menyegel perusahaan tersebut.

Saat dikonfirmasi kepada kepala dinas lingkungan hidup (DLH) Plt Muhammad Azmir SHut MSc mengatakan pihaknya melakukan pencabutan izin usaha dan menyegel PT SIPP sudah mengikuti prosedur berlaku. 

"Sebab, sampai saat ini perusahaan tidak kooperatif untuk mengurus izin pengolahan limbah cair mereka. Kita juga sudah memberi surat berkali-kali namun tidak juga digubris. Makanya sekarang kita turun ke lapangan untuk mencabut izin usaha dan menyegel PT SIPP ini," kata Muhammad Azmir.

Sementara itu Kabag Hukum Sekda Kabupaten Bengkalis Muhammad Vendro Al Rasyid SH menambahkan tindakan penyegelan sudah  sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Atas ketegasan pihak DLH Bengkalis dan tim yang hadir, akhirnya Manager PT SIPP menyatakan pihaknya siap untuk disegel dan akan ikut aturan hukum yang berlaku. Suasana yang tadi riuh akhirnya kondusif dan pihak DLH Bengkalis memasang plang penyegelan di lokasi yang sudah ditentukan. - Mika