Harimau Hadang Pekerja Proyek Buka Lahan di Pasaman Barat


Rabu, 19 Januari 2022 - 13:13:35 WIB
Harimau Hadang Pekerja Proyek Buka Lahan di Pasaman Barat ilustrasi/foto:Gerhard G. dari Pixabay

RIAUIN.COM -  Seekor Harimau Sumatera muncul saat pekerja perusahaan perkebunan di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, melakukan pembukaan lahan. Satwa liar tersebut seperti sedang mencegah para pekerja menebang pohon di hutan tersebut.

Video kemunculan harimau Sumatera itu beredar luas di media sosial. Diperkirakan, video direkam sendiri oleh pekerja yang mengoperasikan alat berat tersebut.

Dilihat Riauin.com, Rabu (19/1/2022), ada dua video yang beredar. Video pertama diambil dari sisi alat berat yang pertama. Harimau berdiri di tanah bekas hutan yang penuh jejak alat berat.

Kepala BKSDA Sumatera Barat Ardi Andono membenarkan kemunculan video tersebut. Ia menyebut pihaknya sudah mengirimkan tim ke lokasi.

"Betul sekali, itu harimau Sumatera yang keluar dari habitatnya dan merasa terganggu oleh kegiatan pembukaan lahan yang dilakukan oleh dua ekskavator," kata Ardi saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa siang.

"Titik (koordinat) belum dapat. Kemungkinan di PT Sinar Halomoan (Pasaman Barat)," Ardi menambahkan.

Ia menduga harimau terganggu oleh aktivitas yang sedang berlangsung. Karena itu, Ardi meminta semua aktivitas yang sifatnya bisa mengganggu ketenangan harimau dihentikan.-dnr