Bujang Kampung Permudah Warga Siak Urus Administrasi Kependudukan


Jumat, 14 Januari 2022 - 22:53:08 WIB
Bujang Kampung Permudah Warga Siak Urus Administrasi Kependudukan Bupati Siak, Alfedri di Kampung Jati Mulya, Kecamatan Kerinci saat menjalankan program Bujang Kampung, Jumat (14/1/2022). | Foto : mcs

RIAUIN.COM- Program Bujang Kampung yang digagas Bupati Siak, Alfedri mendapat sambutan positif dari masyarakat. Pasalnya program tersebut dapat mempermudah  urusan administrasi yang dibutuhkan warga, salah satunya administrasi kependudukan.

Bujang Kampung adalah kegiatan Bupati dan Wakil Bupati berkantor di desa setiap hari Jumat. Desa yang dikunjungi pun berpindah-pindah.

Seperti hari ini, Jumat (14/1/2022), Bupati bersama Wabup memilih Kampung Jati Mulya, Kecamatan Kerinci sebagai lokasi pelaksanaan program Bujang Kampung. Di awali apel pagi di halaman Kantor Kampung Jaya Mulya yang dipimpin Bupati diikuti Wabup serta pimpinan OPD dan perangkat kampung se-Kecamatan Kerinci Kanan.

"Alhamdulillah, hari ini kami hadir bersama Wakil Bupati, ingin mendengar secara langsung persoalan yang dikeluhkan warga. Hari ini Bujang Kampung memasuki minggu kedua. Kami minta terlebih dahulu penghulu dan Bapekam menginventarisir apa permasalahan warga di kampung dan hari ini kita dari bujang kampung mencari solusinya," ucap Alfedri.

Kegiatan Bujang Kampung yang baru dimulai awal tahun 2022 ini sekaligus membuka akses pelayanan kemudahan administrasi secara langsung bagi masyarakat, sehingga masyarakat tidak lagi mengurus administrasi kependudukan konsultasi permasalahan sertifikat tanah dan pengurusan ijin usaha UMKM.

"Terkait dengan sifatnya usulan, keluhan layanan, bantuan serta konsultasi maslah sertifikat tanah dan lahan. Semuanya kita inventarisir dan kita bawa dinas yang masing-masing membidangi apa yang menjadi persoalan di kampung bapak ibu," kata dia. 

Agenda Bujang Kampung minggu ini, Bupati Siak Alfedri dan Wabup Husni Merza memimpin rapat koodinasi bersama penghulu, Bapekam perangkat kampung LPM, RK dan RT.

Di kesempatan yang sama Bupati Alfedri juga menyerahkan bantuan dari Baznas Kabupaten Siak berupa bantuan pemberdayaan Balai Ekonomi Ternak, penyerahan kartu Siak Sehat, kartu BPJS, penempelan stiker keluarga dan penerima bantuan sosial. -mcs, vie