Bagana PDIP Riau Serahkan 200 Sembako pada Korban Banjir Rohul


Ahad, 02 Januari 2022 - 19:18:25 WIB
Bagana PDIP Riau Serahkan 200 Sembako pada Korban Banjir Rohul Ketua Bagana PDIP Riau H Indra Gunawan menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat Rokan Hulu yang terdampak banjir. F: Yusrizal

RIAUIN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Bagana PDIP) Provinsi Riau mengunjungi lokasi korban banjir di Dusun Tanjung Harapan Kelurahan Pasir Pengaraian, Rokan  Hulu (Rohul). 

Kegiatan kemanusiaan yang dilaksanakan pada Minggu (2/1/2022) sore tersebut disertai penyerahan bantuan 200 paket sembako kepada korban banjir.

Ketua Bagana PDIP Riau H Indra Gunawan disela-sela kegiatan mengatakan, bantuan tersebut merupakan bagian dari program sosial PDIP di tengah masyarakat.

Bantuan berupa 200 paket sembako terdiri dari beras, minyak goreng, mie instan, kecap dan sarde. Ketua Bagana PDIP Riau menyerahkan secara simbolis kepada 10 warga.

"Semuanya ada 200 paket. Harapan kami bisa membantu masyarakat. Kendatipun kondisi air sudah surut, namun melihat kondisi cuaca saat ini tidak tertutup kemungkinan akan terjadi banjir kembali. Untuk itu perlu antisipasi dari kita semua," kata Indra.

Salah seorang warga Dusun Tanjung Harapan Zulkifli mengatakan, luapan air yang merendam dusunnya satu hari yang lalu tingginya mencapai 1,5 meter. Hal ini menyebabkan ratusan rumah warga dan ratusan hektare pertanian mengalami kerusakan akibat terendam.

Banjir yang terjadi pada Sabtu (1/1/2022) cukup besar. Saat itu ketinggian air di dalam rumah telah mencapai sepinggang orang dewasa, sedangkan di luar rumah mencapai dada orang dewasa.

Saat banjir terjadi, sebagian warga mengungsi ke berbagai tempat, seperti  ke lokasi-lokasi terdekat yang tidak terendam banjir.

Dia juga mengungkapkan, terima kasih atas kepedulian Bagana PDIP Riau yang telah menyalurkan sembako untuk warga terdampak banjir.

Selain menyerahkan bantuan paket sembako, Indra Gunawan yang juga sebagai Wakil Bupati Rohul itu meninjau kondisi Sungai Batang Lubuh yang mengalami Abrasi atau sudah runtuh diterjang banjir tersebut.

Sebelumnya, banjir membuat ratusan warga di dua Kecamatan Rambah dan Bangun Purba harus mengungsi ke berbagai lokasi yang tidak terjangkau banjir.

Disamping Ketua Bagana PDI-P Riau bersama anggotanya juga Hadir pada penyerahan tersebut Kadishub Provinsi Riau Andi SH, Plt Kepala BPBD Rohul Andrizal, Camat Rambah Ari Gunadi, Lurah Pasir Pengaraian Dedi dan tokoh masyarakat lainnya. - yus