Sambut Tahun 2022, Sungai Batang Lubuh Rohul Meluap, Penuh Lumpur dan Kayu Hanyut


Ahad, 02 Januari 2022 - 10:27:44 WIB
Sambut Tahun 2022, Sungai Batang Lubuh Rohul Meluap, Penuh Lumpur dan Kayu Hanyut

RIAUIN.COM - Memasuki tahun baru 2022 di Kabupaten Rokan hulu diawali dengan banjir berlumpur pekat. Bahkan jutaan kubik kayu gelondongan hanyut.

Warga disekitar wilayah Kota Pasir Pangaraian, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu menjadi heboh dengan meluapnya air Sungai Batang Lubuh. Pasalnya tidak ada hujan dan tak ada badai, tiba-tiba saja Sungai Batang Lubuh naik sejak Sabtu (1/1//2021) dini hari, tepatnya pukul 00.15 WIB.

Namun kali ini yang menjadi perhatian warga adalah air Sungai Batang Lubuh itu berwarna kuning pekat berlumpur. Bersamaan dengan itu sangat banyak kayu-kayuan, seperti balok tim,  glondongan dan sampah-sampah lainnya ikut terbawa hanyut.

Camat Rambah Ari Gunadi mengatakan pihaknya bersama  personil TNI-Polri setempat dan tim BPBD siap siaga dan aktif memantu  pergerakan air. Dirinya memprediksi air di Sungai Batang Lubuh ini masih berpotensi naik.

Di jembatan Sungai Batang Lubuh, seorang warga menunjukkan air sungai yang sedang meluap.

Menurutnya kemungkinan saat ini hujan lebat di hulu, tepatnya di daerah Kabupaten Padang Lawas atau Tapanuli Selatan Sumatera Utara.

"Hanyutnya kayu gelondongan yang diduga ada penebangan liar di hulu sungai," lanjutnya.

Banjir selama satu hari tersebut membuat arus lalu lintas dari Ujungbatu menuju Dalu-dalu Tambusai Utara putus total. Warga terpaksa mengambil ke jalan alternatif ke arah Batang Lubuh Dua.

"Karena jalan sudah terputus maka bagi yang mau lewat diarahkan ke jembatan Batang Lubuh Dua," ungkap Danril Rambah saat jaga-jaga di lokasi banjir tersebut.

Salah seorang warga yang rumahnya di tepi sungai, Aminah (40), mengatakan, seumur-umurnya belum pernah air sungai batang lubuh berlumpur pekat seperti ini tatkala banjir.

Memang ada isu naiknya air karena hujan lebat di hulu Sungai Batang lubuh ,dan ada juga yang mengatakan terjadi banjir bandang di Tapsel.

Pantauan di lokasi banjir terlihat Minggu (2/2/2022) pagi kondisi air sudah turun, dan warga sudah mulai bisa melewati badan jalan.
- yus