Pasca Banjir Bandang di Hulu Sungai Batang Lubuh, Warga Rohul Diminta Waspada


Sabtu, 01 Januari 2022 - 12:02:11 WIB
Pasca Banjir Bandang di Hulu Sungai Batang Lubuh, Warga Rohul Diminta Waspada Ilustrasi/foto:inews

RIAUIN.COM - Warga yang berada di sepanjang aliran Sungai Batang Lubuh diminta waspada terhadap banjir kiriman, pasca banjir bandang yang terjadi di hulu Sungai Batang Lubuh tepatnya di Desa Pinarik, Kecamatan Batang Lubuh Sutam, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatra Utara.

Plt Kalaksa BPBD Rohul Afrizal mengatakan, banjir bandang yang terjadi di Desa Pinarik terjadi Jumat malam (31/12/2021) mengakibatkan sebuah bukit di daerah tersebut longsor yang menyebabkan banyaknya material kayu hanyut ke aliran sungai.

"Kita sudah siagakan personel dan peralatan evakuasi. Tadi malam kami juga sudah himbau warga yang berada di sekitar aliran sungai agar bersiap-siap menyelamatkan harta benda dan segera mengungsi jika air bertambah tinggi," ujar Afrizal, Pkt Kalaksa BPBD Rohul, Sabtu (1/1/2022).

Dari pantauan di lapangan, banjir kiriman dari hulu Sungai Batang Lubuh itu sudah masuk permukiman warga di Dusun Muara Katogan, Desa Bangun Purba Barat, Kecamatan Bangun Purba. Namun, dikabarkan banjir di daerah tersebut sudah berangsur surut.

Sementara debit air di Sungai Batang Lubuh juga terpantau meningkat secara bertahap. Bahkan, air Sungai Batang Lubuh terlihat sangat keruh bercampur lumpur dan menghanyutkan ratusan kubik kayu. Warga juga berusaha untuk mengambil kayu-kayu besar yang hanyut terbawa derasnya arus sungai.

Meningkatnya ketinggian air Sungai Batang Lubuh ini berpotensi menimbulkan banjir besar di ibukota Rohul, seperti yang terjadi 1 minggu lalu. Pasalnya sejumlah desa terdekat dengan aliran Sungai Batang Lubuh seperti Desa Babusalam, Dusun Tulang Gajah dan Kelurahan Pasir Pengaraian sudah mulai digenangi banjir luapan sungai setinggi 20 sentimeter.

Bahkan, Jalan Lintas Provinsi Riau-Sumut yang berada di Kecamatan Rambah mulai digenangi banjir setinggi 10-30 sentimeter dan terus meningkat secara bertahap.-dnr