Gajah Berkeliaran di Tapung Kampar, BBKSDA Riau Lakukan Penggiringan


Selasa, 28 Desember 2021 - 09:21:49 WIB
Gajah Berkeliaran di Tapung Kampar, BBKSDA Riau Lakukan Penggiringan Ilustrasi/foto:mcr

RIAUIN.COM - Seekor gajah dilaporkan sudah sepekan berkeliaran di wilayah pemukiman warga Desa Karya Indah Tapung Kampar. Atas laporan itu, Tim Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau bersama masyarakat melakukan penggiringan.

Plt Kepala BBKSDA Riau, Hartono mengatakan, penggiringan satwa gajah dilakukan dengan bunyi-bunyian mercon (petasan) dan membuat api unggun di tempat tempat yang ada gangguan satwa gajah liar itu. 

"Satwa gajah saat ini posisinya di Km 8 wilayah Desa Karya Indah. Tepatnya berada di belakang pondok pesantren Umar bin Khattab," ungkapnya, Senin (27/12/2021).

Menurutnya, penggiringan yang dilakukan tim penanganan satwa liar bersama warga dan pemilik kebun dibantu oleh gajah dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas.

"Tim penanganan satwa liar BBKSDA Riau sudah turun ke lapangan dan bersama masyarakat melakukan penggiringan," sambungnya. 

Hal ini bertujuan untuk menggiring gajah-gajah tersebut keluar dari kawasan perkebunan dan Desa Karya Indah.

"Hingga saat ini, tim penanganan satwa BBKSDA Riau masih berada lokasi. Mereka melakukan pendampingan dan penjagaan warga dan pemilik kebun," tutup Hartono.-dnr