Banjir Landa 3 Kecamatan dan 10 Desa di Rohul, Ratusan Rumah Terendam


Ahad, 26 Desember 2021 - 20:01:45 WIB
Banjir Landa 3 Kecamatan dan 10 Desa di Rohul, Ratusan Rumah Terendam Wakil Bupati Rohul tinjau wilayah terdampak banjir/foto:yus

RIAUIN.COM - Sebanyak 10 Desa dan 1 Kelurahan pada tiga kecamatan di Kota Pasir Pengaraian dilanda banjir akibat hujan deras yang mengguyur sejak Jum'at, (24/12/2021) malam dan memaksa ratusan kepala keluarga (KK) harus mengungsi.

Sesuai data Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Rokan Hulu, 10 Desa dan 1 Kelurahan tersebut berada di Kecamatan Rambah, yakni Kelurahan Pasir Pengaraian  279 KK, Desa Rambah Tengah Hulu 287 KK, Desa Koto Tinggi  179 KK, Desa Babussalam 425 KK, Desa Pematang Berangan 405 KK, Desa Tanjung Belit (KK), dan Desa Menaming.

Selanjutnya pada Kecamatan Rambah Samo banjir melanda Desa Teluk Aur yang berdampak pada 45 KK, Desa Lubuk Napal  133 KK, Desa Lubuk Bilang 92 KK. Di Kecamatan Rambah Hilir Desa Rambah 53 KK.

Selanjutnya luapan air Sungai Batang Lubuh di Kota Pasir Pengaraian menggenangi 7 desa yang berada di kecamatan Rambah. Banjir juga meluber ke jalan dan mengakibatkan arus lalu lintas di Simpang Supra lumpuh sejak Sabtu, pukul 03.00 WIB dinihari hingga sore hari.

Sementara di Kecamatan Rambah Samo, luapan Sungai Dua menggenangi 3 desa, dan di kecamatan Rambah Hilir, luapan Sungai Batang Kumu juga merendam sebagian kecil wilayah Desa Rambah. Meski banjir akhir tahun 2021 ini tergolong besar, namun tidak ada korban jiwa dan  kerusakan parah pada rumah warga.

Pantauan Riauin.com dilapangan, Sabtu (25/12/2021) malam pukul 23.00 WIB, kondisi air banjir di Pasir Pengaraian dan sekitarnya mulai surut dan warga sudah mulai membersihkan kediaman masing-masing.

Wakil Bupati Rohul H Indra Gunawan melalui Sekretaris BPBD Rokan Hulu, Afrizal, saat ditemui di kantor PMI Rokan Hulu mengatakan, hingga saat ini sudah banyak bantuan logistik berdatangan, baik dari perorangan, instansi terkait maupun dari perusahaan.

"Bantuan saat ini difokuskan untuk dapur umum, guna penyediaan makanan tanggap darurat bagi seluruh korban banjir di pasir pengaraian", ucap Afrizal.

Sementara itu, Pemerintah provinsi Riau, melalui BPBD, Wakil Bupati Rohul dan sejumlah pimpinan Forkopimda Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu mendirikan posko siaga dan dapur umum yang bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hulu.-yus