Hadapi Malaysia di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Siap Kerja Lebih Keras


Sabtu, 18 Desember 2021 - 09:18:56 WIB
Hadapi Malaysia di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Siap Kerja Lebih Keras Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Laos 5-1.foto: ANTARA/Humas PSSI

RIAUIN.COM - Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia di laga akhir babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020. Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Minggu, 19 Desember 2021, mulai 19.30 WIB.

Skuad Garuda belum terkalahkan dalam tiga pertandingan sebelumnya. Setelah meraih dua kemenangan atas Kamboja 4-2 dan Laos 5-1, tim asuhan Shin Tae-yong berhasil menahan imbang juara bertahan Vietnam tanpa gol.

Dengan hasil tersebut, Indonesia saat ini menduduki puncak klasemen sementara Grup B dengan tujuh poin. Nilainya sama dengan Vietnam yang ada di bawahnya. Sementara, urutan ketiga ditempati Malaysia dengan enam poin, diikuti Kamboja di urutan keempat dengan tiga poin dan Laos di dasar klasemen dengan tanpa angka.

Timnas Indonesia harus terhindar dari kekalahan melawan Malaysia untuk memastikan lolos ke semifinal Piala AFF kal ini. Persaingan untuk mendapatkan tiket ke babak empat besar dari Grup B masih berlangsung ketat antara Indonesia, Vietnam, dan Malaysia.

Menjelang pertandingan melawan Malaysia, gelandang timnas Indonesia, Ricky Kambuaya mengatakan bahwa saat ini tim dalam kondisi siap untuk menghadapi laga terakhir penyisihan Grup B melawan Malaysia. Ia juga mengatakan bahwa pelatih sudah memberikan materi bagaimana cara mengatasi Malaysia.

"Pelatih memberikan menu latihan pemulihan dan beristirahat dengan cukup hari ini. Kondisi tim sangat baik dan semakin kompak," kata Ricky seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

"Melawan Malaysia kami tetap kerja keras, disiplin dan fokus agar dapat meraih kemenangan demi asa lolos ke babak semifinal," ujarnya menambahkan.

Alfeandra Dewangga yang biasa berposisi sebagai bek tengah, bek kiri atau gelandang bertahan dan berkaki kidal, mengatakan skuad Garuda harus bekerja lebih keras ketika melawan Malaysia.

"Selanjutnya kami bersiap menghadapi Malaysia. Kami harus lebih keras dan fokus demi asa lolos ke babak semifinal," kata Dewangga yang terpilih sebagai man of the match saat Indonesia bermain imbang tanpa gol melawan Vietnam pada laga sebelumnya, Rabu lalu.

Gelandang Yabes Roni yang menjalani debut di Piala AFF 2020 saat melawan Vietnam sebagai pengganti Witan Sulaeman di babak kedua, bertekad untuk terus memberikan yang terbaik bagi timnas.

"Sangat senang dapat debut bermain di timnas Indonesia senior di ajang ini. Saya bertekad untuk terus memberikan yang terbaik dan terus bekerja keras agar dapat diberikan kesempatan bermain oleh pelatih," ujarnya.

"Semoga laga melawan Malaysia kami dapat meraih kemenangan," kata Yabes.

Pertandingan timnas Indonesia yang menempati puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020 melawan Malaysia yang berada di urutan ketiga akan menjadi laga penentuan lolos ke semifinal, karena kedua tim hanya berselisih satu poin. Skuad Garuda akan memastikan lolos ke babak empat besar jika bisa terhindar dari kekalahan dalam laga tersebut.-dn