Hanya Lulusan STM, Pria Dusun Ini Mampu Rakit Pesawat, 2 Unit Telah Dijual ke Pemerintah Ceko


Jumat, 17 Desember 2021 - 10:07:59 WIB
Hanya Lulusan STM, Pria Dusun Ini Mampu Rakit Pesawat, 2 Unit Telah Dijual ke Pemerintah Ceko Screenshot: pesawat ciptaan Heri Suryanto

RIAUIN.COM - Pria lulusan STM warga Dusun Tronggolonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, merakit pesawat di halaman rumahnya. Pria yang diketahui bernama Heri Suryanto itu hingga saat ini, sudah memproduksi tiga unit pesawat sekaligus.

Dari tiga pesawat yang dirakitnya itu, dua unit pesawat sudah dibeli oleh pemerintah Republik Ceko. Dua pesawat itu dibeli pemerintah Republik Ceko tahun lalu. Sementara satu pesawat lainnya sudah dipesan TNI AU. Pesawat yang dipesan itu adalah pesawat jenis Latih

“Sudah bisa memproduksi tiga pesawat. satu dibeli TNI AU dan dua sudah laku terjual dan dibeli oleh pemerintah Republik Ceko,” ungkap Heri Suyanto, Rabu (15/12/2021).

Heri Suyanto mengaku, pengetahuan merakit pesawat didapatkan saat ia menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Saat itu Heri bekerja di salah satu perusahaan pembuatan pesawat terbang di Republik Ceko. 

Namun setelah tak lagi menjadi TKI, ia memutuskan kembali ke Indonesia dan menetap di kampung halaman.-dn