Kuansing Penghasil Ikan Nila Terbesar di Riau, Capai 4.900 Ton Setahun


Selasa, 14 Desember 2021 - 15:24:30 WIB
Kuansing Penghasil Ikan Nila Terbesar di Riau, Capai 4.900 Ton Setahun Produksi ikan nila oleh petani di Kuantan Singingi. F: Hen

RIAUIN.COM - Sebanyak dua ribu kepala keluarga di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, menggantungkan hidupnya dari hasil budi daya ikan nila.

Jumlah itu tersebar di lima kecamatan antara lain, Sentajo Raya, Kuantan Tengah, Benai, Singingi Hilir dan Kecamatan Gunung Toar.

Produksi nila yang dihasilkan pembudi daya dari lima kecamatan itu lumayan fantastis. Pertahun Kuansing menghasilkan lebih kurang 4.000-4.900 ton Nila.

"Saat ini Kuansing merupakan sentra nila seprovinsi Riau," kata Plt Kadis Perikanan Kuansing, Zafnil kepada Riauin, Selasa (14/12/2021).

Zafnil menjelaskan, penghasil nila terbesar di Kuansing adalah Kecamatan Kuantan Tengah. Di kecamatan ini terdapat 68 hektar kolam nila.

Sementara penghasil kedua terbesar adalah kecamatan Sentajo Raya. Di sini terdapat 54 hektar kolam nila. Posisi ketiga Kecamatan Benai. 

"Di Benai ada 34 hektar kolam nila. Selanjutnya, Kecamatan Singingi Hilir 40 hektar dan Gunung Toar 31 hektar," ujar Zafnil merincikan.

Ditambahkannya, nila yang dihasilkan oleh pembudi daya ini mayoritas ditampung oleh pedagang dari Kabupaten Tembilahan. "Dan ada juga dari kabupaten lain," cerita Zafnil.

Kedepan rencana Zafnil, pihaknya akan membuat semacam balai lelang guna untuk mengontrol harga di pasaran. Balai lelang ini dianggap bisa membantu peternak untuk mendapatkan harga yang bagus.

Selain itu, balai lelang juga lebih bermanfaat untuk mengikat perjanjian antara penjual dengan pembeli. Sehingga peternak merasa nyaman dalam bertransaksi. - hen