Dewan Hakim MTQ Kabupaten Siak ke XXI Dikukuhkan


Sabtu, 11 Desember 2021 - 18:42:21 WIB
Dewan Hakim MTQ Kabupaten Siak ke XXI Dikukuhkan Bupati Siak, Alfedri mengukuhkan dewan juri MTQ tingkat Kabupaten Siak ke XXI, Sabtu (11/12/2021). | Foto : mcs

RIAUIN.COM- Persiapan jelang pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Siak tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Kecamatan Dayun mulai dilakukan. Di antaranya pengukuhan dewan hakim MTQ Kabupaten Siak ke XXI, Sabtu (11/12/2021). 

Pengukuhan dilakukan Bupati Siak, Alfedri di Balai Datuk Empat Suku  Komplek Perumahan Dinas Bupati dan Wakil Bupati Siak. Di tangan dewan juru itu menentukan  prestasi para qori dan qoriah asal Kabupatem Siak yang akan mewakil Siak ke tingkat MTQ Provinsi Riau.  

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan selamat atas pengukuhan para dewan juru. Pengukuhan dewan juru MTQ ke XXI memang tak seperti biasanya, karena dilakukan tidak bersamaan saat acara pembukaan MTQ.

"Ini lebih baik, karena pengukuhan tidak  dilakukan bersamaan dengan acara pembukaan MTQ. Jadi bisa hemat waktu nanti dalam kegiatan pembukaan, hingga waktu berkumpul bisa dipersingkat dan dipercepat. Ini juga bentuk dukungan untuk menerapkan protap kesehatan dalam pencegahan pandemi Covid-19," sebut Bupati.

Dikesempatan tersebut bupati juga menjelaskan meskipun dalam kondisi Covid-19, Kabupaten Siak masih tetap melaksanakan MTQ tingkat kabupaten. Hanya saja benar-benar disesuaikan dengan protap kesehatan. 

Sementara untuk tingkat provinsi yang sedianya berlangsung di Kabupaten Pelalawan, tahun ini ditiadakan.

"Bahkan demi menjaga protap kesehatan itu, Siak memberlakukan jemput antar kepada para qari dan qoriah yang bertanding ke masing-masing kecamatan pada pelaksanaan MTQ tahun 2020 kemarin," ulasnya. 

Sedangkan mengenai siapa yang akan diambil untuk mewakili Kabupaten Siak pada MTQ Provinsi Riau tahun depan, sepenuhnya diserahkan kepada pihak LPTQ Kabupaten Siak untuk menyeleksinya.

"Semoga pelaksanaan MTQ ini berjalan sukses dan lancar. Dan semoga Kabupaten Siak bisa menghasilkan qori dan qoriah yang semakin baik dengan melalui pembinaan-pembinaan. LPTQ juga bisa membuat program-program yang strategis dan bagaimana pembinaan terhadap qori dan qoriah bisa lebih awal jadi bisa membawa nama baik Kabupaten Siak diiven-iven MTQ, baik tingkat Provinsi maupun di tingkat nasional," harap Alfedri.

Pada kesempatan yang sama Alfedri juga menyampaikan ucapan tahniah dan apresiasi kepada MUI Kabupaten Siak yang baru dikukuhkan. Terpilih sebagai ketua MUI Siak untuk periode lima tahun kedepan pada musda lalu adalah, KH Muhaimin.

"Mudah-mudahan Allah membimbing dan memberkahi seluruh pengurus MUI, sehingga apa yang menjadi tugas-tugas MUI dalam membuat fatwa untuk membimbing umat pengawasan aliran kepercayaan bisa berjalan dengan baik," ujar AlfedriAlfedr. -rls