Pakar Lingkungan Hidup Riau Ingin Bantu Masyarakat yang Tertindas Permasalahan Lahan


Jumat, 10 Desember 2021 - 15:55:48 WIB
Pakar Lingkungan Hidup Riau Ingin Bantu Masyarakat yang Tertindas Permasalahan Lahan Pakar lingkungan hidup Provinsi Riau Dr Elviriadi SPi Msi/foto:yus

RIAUIN.COM - Pakar lingkungan hidup Provinsi Riau Dr Elviriadi SPi Msi membuka tabir penghalang bagi masyarakat yang tidak mengerti hukum terkait tanah wilayat yang selama ini bagaikan katak dalam tempurung. Hal ini terlihat pada pertemuan saat silaturahmi dengan ratusan masyarakat Desa Sungai Sialang Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Kamis, (9/12/2021).

Hadir pada pertemuan itu,Ketua Lembaga Pemberantas Korupsi (LPK) Provinsi Riau  Miswan, ratusan Anggota Kelompok tani Kepenghuluan Sungai Sitolang Rohil,para ninik mamak dan lainnya.

Pada pertemuan tersebut Dr Elviriadi mengatakan dirinya hadir untuk memenuhi undangan masyarakat ini bertujuan untuk membuka tabir penghalang bagi masyarakat awam yang merasa tertindas dan tidak mampu berjuang untuk mendapatkan lahan perkebunannya didalam meningkatkan ekonomi untuk menyambung hidup sehari -hari.

Sebagaimana dilihat dengan permasalahan yang sama hampir seluruh masyarakat mempunyai lahan wilayat turun-temurun dari ninik moyangnya. Namun sangat disayangkan mereka tidak bisa menikmati karna tidak mampu berjuang dan tidak ada tempat mereka mengadu sementara hari kehari. Lahan tersebut semakin lulu lantak di hantam para petani berdasi.

Ibarat pepatah ayam di lumbung padi mati kelaparan dan itik di air mati kehausan bahkan masyarakat jadi penonton di negeri sendiri.

Untuk itu dengan silaturahmi kata Elviriadi, mengungkapkan dirinya sebagai putra melayu Riau kelahiran meranti akan mencoba membangkitkan batang terendam didalam mengangkat perekonomian masyarakat yang selama ini hidup dibawah kemiskinan.

"Saya sangat Prihatin melihat kondisi ekonomi masyarakat di pedesaan yang sehari-hari hanya memotong karet dan bersawit untuk menghidupi keluarga itupun hanya bagi yang punya lahan, dan bagi yang tidak punya lahan hanya   jadi penonton di negeri sendiri di Bumi Lancang Kuning ini, "terang Dr Elev.

Pakar lingkungan hidup itu mengungkapkan dengan pertolongan Alloh dirinya telah berhasil membantu masyarakat di beberapa tempat dan Saat ini memberikan penyuluhan hukum terkait lingkungan hidup termasuk bagaimana masyarakat mendapatkan hak-haknya yang selama ini digarap oleh petani berdasi untuk mencari kekayaan pribadi semata.

Kemudian juga ikut berjuang bersama Masyarakat Kepenghuluan Sungai Sialang untuk menuntut para penguasa yang memanfaatkan lahan tanpa izin agar dikembalikan kepada masyarakat.

"Saya bersama masyarakat yakni kepenghuluan Sungai Sialang Rohil akan mencoba berkoordinasi dengan pihak-pihak yang mengolah lahan warga tanpa izin agar mereka mmengembalikan lahan masyarakat dan bagi yang tidak mau akan saya tuntut melalui jalur hukum ," terang Elev.

Elev juga menampik bahwa didalam berjuang untuk masyarakat ini dirinya tidak sendiri akan tetapi juga bergandengan dan bekerja sama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang ada di Riau dan LSM Lembaga Pemberantas Korupsi Provinsi Riau yang telah memiliki anak cabang di dua belas kabupaten/kota se Riau bahkan juga dengan Himpunan Mahasiswa Islam Provinsi Riau (HMI).

Untuk pengamanan dilapangan tambah Elev pihaknya juga telah berkoordinasi Bupati Rohil melalui Wakil Bupati H Sulaiman dan juga Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK.

Ditempat yang sama Ketua Lembaga Pemberantas Korupsi Provinsi Riau Miswan didampingi Kabid Humasnya Yusrizal Yahya mengatakan pihaknya bersama seluruh jajarannya siap digaris depan untuk membantu pakar lingkungan hidup Provinsi Riau didalam memperjuangkan hak-hak masyarakat yang membutuhkan Bantuan.

"LPK siap jadi Garda terdepan membantu Pakar Lingkungan hidup Riau Dr Elfiriadi Spi, Msi didalam membantu masyarakat untuk mendapatkan haknya," tegas miswan.

Usai pertemuan dengan Kelompok tani Pakar Lingkungan Hidup Dr Elviriadi didampingi Ketua LPK Miswan dan beberapa orang warga langsung menuju ke Mapolres Rokan Hilir untuk berkordinasi dengan Kapolres.-Yus.