Lindungi Hutan Bukit Betabuh dari Pembalakan Liar, Pemkab Kuansing Bangun Pos Penjagaan


Kamis, 09 Desember 2021 - 10:25:02 WIB
Lindungi Hutan Bukit Betabuh dari Pembalakan Liar, Pemkab Kuansing Bangun Pos Penjagaan ilustrasi/foto:antara

RIAUIN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi (Kuansing), berencana membangun pos penjagaan untuk mengawasi kawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh dari aktivitas illegal logging (illog) yang akhir-akhir ini marak terjadi.

Bangunan pos penjagaan itu didirikan di pintu-pintu masuk, baik di dalam kabupaten, maupun daerah terluar, sehingga pelaku ilog tidak bisa masuk untuk merambah hutan.

"Kita akan bangun pos penjagaan. Nanti ini akan kita bicarakan lebih lanjut dengan Pemprov Riau," ujar Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, Kamis (9/12/2021) di Telukkuantan.

Dikatakan Suhardiman, keberadaan Bukit Betabuh sangat penting bagi peradaban masyarakat Kuansing. Apalagi, luas kawasan ini terus mengalami penurunan dan sekarang hanya tinggal 10 ribu hektare.

"Budaya pacu jalur sangat bergantung dengan Bukit Betabuh, cadangan kayu jalur banyak di sana. Karena itu, kita harus menjaga sebagai warisan untuk anak cucu di masa mendatang," teras Suhardiman.

Menurut Suhardiman, nantinya pos penjagaan tersebut akan ditempati oleh personil Polhut bersama masyarakat mitra Polhut (MMP) Dubalang Rimbo. 

"Kita akan beri MMP Dubalang Rimbo fasilitas. Tidak hanya itu, kita akan beri mereka honor nantinya," ujar Suhardiman. 

Suhardiman Menjelaskan, hal itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap kerja MMP Dubalang Rimbo dalam menjaga Bukit Betabuh.-dn