Hari Pertama Pencanangan Pekan Imunisasi Covid-19, Pemkab Siak Distribusikan 2 Ribu Dosis Vaksin


Rabu, 08 Desember 2021 - 23:17:17 WIB
Hari Pertama Pencanangan Pekan Imunisasi Covid-19, Pemkab Siak Distribusikan 2 Ribu Dosis Vaksin Bupati Siak, Alfedri didampingi Kapolres Siak, AKBP Gunar Rahadianto, Dandim 0322 Siak, Letkol Inf Muhammad Faisal Effendi, Kepala Dinas Kesehatan, Tony Chandara saat meninjau pencanangan pekan imunisasi Covid-19 di GOR Tualang, Kecamatan Perawang, K

RIAUIN.COM- Pemerintah Kabupaten Siak mendistribusikan 2 ribu dosis vaksin yang akan menjangkau seluruh masyarakat Kabupaten Siak. Hari pertama pencanangan pekan imunisasi Covid-19 dilaksanakan di GOR Tualang, Kecamatan Perawang, Rabu (8/12/2021).  

Bupati Siak Alfedri meninjau langsung kegiatan pencanagan pekan imunisasi Covid 19 bersama Kapolres Siak, AKBP Gunar Rahadianto, Dandim 0322 Siak, Letkol Inf Muhammad Faisal Effendi, Kepala Dinas Kesehatan, Tony Chandara serta UPIK Tualang.

Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadianto menyampaikan sesuai instruksi Kapolri pihaknya diberi target menyelesaikan vaksinasi 70 persen sampai tanggal 31 Desember 2021. 

"Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan di setiap daerah di Kabupaten Siak dan pencanangan dilaksanakan hari ini. Kita diberi target menyelesaikan vaksinasi 70 persen sampai tanggal 31 Desember 2021, untuk di Tualang sendiri kita menargetkan 2 ribu vaksin. Ketersediaan Vaksin untuk Kabupaten Siak 2 ribu dosis dan di Provinsi sudah ada stok 60 ribu untuk Kabupaten Siak," kata dia. 

Kegiatan ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mengejar target vaksinasi di daerah di atas 70 persen. 

"Kegiatan yang kita laksanakan ini semata-mata untuk melindungi masyarakat dari penyebaran Covid-19 dan varian baru yang bermunculan. Untuk pencapaian vaksinasi di Riau dalam nasional masih rendah. Dalam beberapa minggu lagi kita akan merayakan Natal dan Tahun Baru bagi yang merayakan, jadi kita berharap kepada masyarakat untuk tetap menjaga dan meningkatkan Prokes agar nantinya lonjakan kasus Covid-19 tidak terjadi," harapnya. 

Sementara itu Bupati Siak mengatakan, capaian target vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Siak saat ini baru 47 persen, untuk mencapai 70 persen dibutuhkan langkah-langkah dan terobosan. 

"Vaksinasi di Kabupaten Siak sampai hari ini masih 172 ribu atau 47 persen, jadi target kita sampai 31 Desember harus 18 ribu atau sekitar 30 persen. Untuk mencapai ini semua harus ada upaya dan trobosan baru agar vaksinisasi mencapai 75 persen untuk menekan dan memutus rantai Covid-19. Memang ada keterlambatan pencapaian target vaksinasi di Kabupaten Siak," ucapnya.

Penyebab rendahnya capaian vaksinasi di Kabupaten Siak disebabkan oleh ketersedian vaksin, ditambah lagi Pemerintah Pusat memprioritaskan vaksinasi di Pulau Jawa dan Jakarta yang terlebih dahulu melakukan PPKM level 4.

"Semoga dengan ikhtiar-ikhtiar kita bersama, rantai Covid-19 segera putus, salah satu caranya dengan melakukan pekan vaksinisasi di setiap daerah maupun desa. Usaha kami agar masyarakat antusias melakukan vaksinasi kami berkerja sama dan berkomunikasi dengan Kapolres dan Dandim serta jajaran lainnya memberikan doorprice sepeda motor dan lainnya hal ini dilakukan agar masyarakat bergerak semangat melakukan vaksinasi," tuturnya. -inf