Seluruh Desa di Hulu Kuantan Kuansing Sudah Miliki Bumdes, Plt Camat: Alhamdulillah


Rabu, 08 Desember 2021 - 21:36:06 WIB
Seluruh Desa di Hulu Kuantan Kuansing Sudah Miliki Bumdes, Plt Camat: Alhamdulillah Plt Camat Hulu Kuantan, Jon Hendri berfoto bersama peserta pelatihan tata kelola Bumdes di Telukkuantan, Rabu (8/12/2021).

RIAUIN.COM - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) saat ini tengah berkembang. Sebanyak 12 desa yang ada di kecamatan tersebut seluruhnya telah memiliki badan usaha desa. 

"Alhamdulillah, seluruh desa yang ada di Kecamatan Hulu Kuantan telah memiliki Bumdes. Sampai saat ini semuanya aktif," kata Plt Camat Hulu Kuantan, Jon Hendri di Aula Hotel Hasanah Telukkuantan, Rabu (8/12/2021).

Ia menyampaikan itu saat menghadiri pelatihan tata kelola Bumdes sekecamatan Hulu Kuantan yang diselenggarakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) selama tiga hari kedepan.

Dikatakan Jon Hendri, kepada masing masing Bumdes pihak kecamatan untuk tahap awal tidak memberi target untung.

"Tahap awal kita memang tidak memberi target untung, yang penting jangan rugi. Namun setelah Bumdes kita berjalan normal, baru kita memberi target untung," kata Jon Hendri.

Kendati demikian, ujarnya, banyak juga Bumdes di Kecamatan Hulu Kuantan telah meraih profit keuntungan. Artinya sudah bisa memberikan income ke masing masing desa. Sehingga telah memberikan dampak positif terhadap percepatan ekonomi pedesaan.

Pelatihan tata kelolah Bumdes diikuti sebanyak 48 orang peserta. Masing masing desa mengirimkan 4 orang peserta yang terdiri dari Direktur Bumdes, Pengawas Bumdes, Ketua BPD dan kepala desa.

Panitia mendatangkan narasumber dari kalangan akademisi serta dari Dinas PMD Kabupaten Kuansing.

Selama tiga hari kedepan, seluruh peserta akan dilatih mengelolah Bumdes sesuai dengan aturan yang berlaku.

Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby yang diwakili oleh Asisten I, Muhjelan turut hadir saat acara pembukaan pelatihan. 

Dalam kesempatan itu, Muhjelan menyampaikan pesan Plt bupati agar pelatihan ini benar benar diikuti secara serius oleh seluruh peserta.

Sehingga pelatihan tersebut diharapkan menjadi ilmu pengetahuan supaya pengelolaan Bumdes kedepan semakin baik dan benar.

"Kegiatan ini jangan hanya sebagai agenda tahunan saja. Tapi harus dijadikan untuk menimba ilmu pengetahuan," kata Muhjelan.

Kepada Kades dan Ketua BPD, Muhjelan berpesan agar mengetahui batas kewenangan. Kata dia, kunci suksesnya pemerintahan desa itu terletak pada Kades dan Ketua BPD nya.

"Kalau keduanya mengetahui batas kewenangan dan selalu akur, pemerintahan desa nya mantap. Ketahuilah kewenangan masing masing," tutup Muhjelan. - hen