Dukung Menara Vokasi di Riau, Pemko Pekanbaru Terus Perjuangkan Politeknik Negeri


Senin, 06 Desember 2021 - 21:13:18 WIB
Dukung Menara Vokasi di Riau, Pemko Pekanbaru Terus Perjuangkan Politeknik Negeri Dr H Ismardi Ilyas, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

RIAUIN.COM - Keinginan untuk menghadirkan Politeknik Negeri Pekanbaru bukan sesuatu keinginan yang baru bagi Pemerintahan Kota (Pemko) Pekanbaru. Oleh sebab itu Pemko sangat mendukung pelaksanaan kegiatan Menara Vokasi di Pekanbaru pada 7-8 Desember 2021.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Dr H Ismardi Ilyas MA kepada wartawan, Senin (6/12/2021) di Pekanbaru. Menara Vokasi sendiri adalah kegiatan pengembangan pendidikan kejuruan yang menyinergikannya dengan dunia industri oleh Kemendikbudristek RI.

"Kami sangat mendukung kegiatan Menara Vokasi 2021 di Riau. Hal ini sejalan dengan semangat Pemko mendirikan Politeknik Negeri di Kota Pekanbaru," kata Dr H Ismardi Ilyas.

Disampaikan Ismardi, niat dan wacana pembentukan perguruan tinggi tersebut disampaikan Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus semasa periode pertama jabatannya.

"Pak Walikota Dr Firdaus telah menyampaikan niat tersebut kepada Waki Menteri Pendidikan Nasional Prof Musliar Kasim pada tahun 2013. Ide itu disambut hangat Pak Menteri," ujar Kadis Ismardi.

Kemudian pada 2015, lanjutnya, Pemko Pekanbaru menginisiasi pendirian Yayasan yang bernama Yayasan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah. Yayasan dimaksud sebagai wadah bagi penyelenggaraan Politeknik Pekanbaru. 

Namun adanya perubahan peraturan bahwa pemerintah daerah tidak diperkenankan untuk memiliki yayasan, keinginan itu kandas.

Walaupun demikian, jelasnya lagi, Pemko Pekanbaru tidak patah arang. Pada tahun 2017-2018, Pemko Pekanbaru berjuang kembali untuk mendapatkan kehadiran Politeknik dengan mengajukan Politeknik negeri dibawah naungan Kementerian Perindustrian RI. 

"Dan menurut pak Walikota, keiginan itu sudah disambut baik oleh Menteri Perindustrian RI. Namun dalam perjalanannya keinginan ini kandas karena persoalan teknis kita di daerah," tukas Ismardi.

Keinginan ini kembali muncul ketika Ismardi ditunjuk menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru pada akhir tahun 2020. Berdasarkan arahan Walikota, pihaknya kembali membentuk tim untuk menyusun naskah akademik untuk pendirian Politeknik Negeri Pekanbaru. 

"Pemko Pekanbaru telah berjumpa dengan Pak Dirjen. Bahkan Pak Dirjen telah melihat cikal bakal kampus yang saat ini sementara dijadikan Kantor Dinas pendidikan yang terletak di Jalan Air Hitam Kecamatan Payung Sekaki. Saat ini semuanya telah dipersiapkan Pemko Pekanbaru, baik lahan, bangunan dan kesediaan Pemko Pekanbaru untuk membiayai operasional 5 tahun kedepan," tutupnya. - vie