Atlet Parabulutangkis Asal Kampar Riau Pecahkan Rekor Dunia


Ahad, 05 Desember 2021 - 10:02:10 WIB
Atlet Parabulutangkis Asal Kampar Riau Pecahkan Rekor Dunia Leani Ratri Oktila/foto: Instagram @oktila_lr

RIAUIN.COM - Atlet parabulutangkis asal Kampar, Riau Leani Ratri Oktila kembali terpilih sebagai pemain terbaik tahun 2020/2021 oleh federasi bulutangkis dunia Badminton World Federation (BWF).

Gelar pemain parabadminton terbaik tahun 2020/2021 ini adalah yang ketiga kalinya diraih Leani Ratri Oktila. Leani memecahkan rekor dunia sebagai peraih penghargaan pemain parabulutangkis putri terbaik.

Pada tahun 2018 lalu, ada dua wakil Indonesia yang mendapatkan penghargaan Player of The Year dari BWF. Leani Ratri Oktila terpilih sebagai pemain parabulutangkis putri terbaik dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil terpilih sebagai pemin ganda putra terbaik.

Selanjutnya di tahun 2019, Leani Ratri Oktila menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan melalui kategori Female Para Badminton Player of the Year 2019.

Raihan gelar untuk kedua kalinya karena berhasil mengumpulkan 12 medali emas, 2 perak, dan satu perunggu selama mengikuti turnamen pada tahun 2019.

Pada malam puncak penobatan Player of The Year 2020/2021, Leani kembali terpilih sebagai pemain parabulutangkis terbaik bersama dengan 1 wakil Indonesia lainnya di kategori ganda putri yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih gelar.

Semenjak adanya nominasi BWF tersebut dari tahun 2015, tidak ada pemain parabulutangkis putri yang melebihi pencapainya Leani yaitu 3 kali.

Untuk diketahui, tahun 2015, peraih parabulutangkis terbaik yaitu Helle Sofie Sagoy asal Norwegia. Pada tahun 2016 peraih nomiasi tersebut adalah pemain asal Swiss Karin, sedangkan pada tahun 2018, peraih nominasi parabadminton terbaik adalah Amnuay Wetwithan asal Thailand.

Sejak Leani meraih gelar pada tahun 2018, gelar itu selalu dipertahankan, wajar saja, koleksi juara yang berhasil ia kumpulkan lebih banyak dibanding pemain parabulitangkis lainya.-dn