Gajah 45 Tahun Melahirkan Seekor Anak di TNTN Pelalawan


Sabtu, 04 Desember 2021 - 22:40:11 WIB
Gajah 45 Tahun Melahirkan Seekor Anak di TNTN Pelalawan Gajah Ria dan anaknya yang baru lahir/foto:BBKSDA Riau

RIAUIN.COM - Seekor bayi Gajah jantan lahir di  camp Elephants Flying Squad, SPTN Wilayah I Lubung Kembang Bunga Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) Desa Lubuk Kembang Bungo, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Kamis (2/12/2021) kemarin.

Hasil pengukuran morfometri, anak gajah tersebut lahir dengan tinggi badan 86 sentimeter dan panjang badan 102 sentimeter, lingkar badan 103 sentimeter serta berat badan 84 kg. 

Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmatoro, Sabtu (4/12/2021) mengatakan, bayi gajah jantan ini adalah anak dari induk gajah bernama Ria, berusia 45 tahun. 

“Bayi gajah jantan ini lahir sekitar pukul 02.00 WIB kemarin,” terang Heru.

Bayi ini jelas Heru, merupakan hasil pembiakan (Breeding, red) dengan gajah liar. Kemudian bayi ini merupakan anak keempat dari Ria.

Sedangkan, tiga gajah lainnya yang dilahirkan gajah Ria pertama bernama Tesso, Tino, dan Harmoni Rimbo.

“Proses kelahiran berlangsung secara normal, induk dan bayi dalam keadaan sehat. Sampai saat ini tim medis BBKSDA Riau akan terus melakukan pemeriksaan kesehatan induk dan bayi gajah,” ujar Heru.

Menurut Heru, pihaknya mendata elephants flying squad Taman Nasional Tesso Nilo sudah mengalami 4 kali kelahiran anak gajah dari dua ekor induk gajah jinak yakni Lisa dan Ria, dalam rentang waktu 5 tahun terakhir.

Persisnya, setahun yang lalu tepatnya pada akhir tahun 2020, induk “Lisa” juga melahirkan seekor anak gajah berjenis kelamin jantan yang kini diberi nama “Ryu”.

Maka, penambahan satu anak gajah sumatera di elephants flying squad Taman Nasional Tesso Nilo ini, lanjut Heru, menguatkan fakta bahwa kawasan hutan Taman Nasional Tesso Nilo merupakan habitat penting yang berkontribusi dalam peningkatan populasi Gajah Sumatera.  

Heru menjelaskan, di tahun 2011 lalu, IUCN telah menetapkan tentang status konservasi Gajah Sumatera ke dalam kategori Critically Endangered (CR) yang artinya satwa ini berada diambang kepunahan. 

Kelahiran bayi gajah di elephants flying squad Taman Nasional Tesso Nilo, meningkatkan optimisme dan semangat Taman Nasional Tesso Nilo sebagai pusat konservasi Gajah Sumatera di Riau dalam melestarikan kembali populasi Gajah Sumatera.  

Balai Taman Nasional Tesso Nilo berharap lahirnya gajah sumatera di flying squad TN Tesso Nilo ini dapat mewujudkan visi, misi dan tujuan pengelolaan Taman Nasional Tesso Nilo. 

“Saat ini total gajah di elephants flying squad camp TNTN menjadi 10 ekor (4 ekor gajah dewasa, 2 ekor gajah remaja, 4 ekor gajah anak),” pungkas Heru.-dn