Sejumlah Tokoh Agama dan Adat di Inhu Ikuti Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah


Sabtu, 04 Desember 2021 - 12:57:15 WIB
Sejumlah Tokoh Agama dan Adat di Inhu Ikuti Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah SAbutan Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi/foto:gus

RIAUIN.COM - Sejumlah tokoh agama dan tokoh adat yang berasal dari 14 Kecamatan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mengikuti Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah.

Kegiatan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah ini diselenggarakan dalam Pengelolaan Bina Mental Spiritual pada Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kab Inhu 

"Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dimulai pada Jum'at (3/12/2021) hingga Ahad (5/12/2021)," Kata Ory Hanang Wibisono, Plt Kepala Bagian Kesejahteraan Setdakab Inhu, Sabtu (4/12/2021), di Auditorium Yopi Arianto lantai 4 Kantor Bupati Inhu.

Dikatakan Ory, Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para tokoh agama dan tokoh adat dalam penyelenggaraan jenazah.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi berharap, para petugas penyelenggaraan jenazah dalam meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan penyelenggaraan jenazah yang sesuai dengan syari’at Islam.

"Penyelenggaran jenazah ini hukumnya adalah fardu kifayah, sementara Itu,proses penyelenggaraan jenazah hukumnya tetap harus diselenggarakan secepatnya" ucap Rezita.

Rezita menambahkan,  melalui pelatihan ini, diharapkan mampu memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat terkait dengan 4 M (memandikan, mengafankan, menyolatkan dan menguburkan).-Gus