Ungkit Kasus Lama, Aktivis Sebut Kajari Kuansing Sosok Pemberani


Kamis, 02 Desember 2021 - 11:37:56 WIB
Ungkit Kasus Lama, Aktivis Sebut Kajari Kuansing Sosok Pemberani Kajari Kuansing/foto:ranahriau

RIAUIN.COM - Aktivis Pospera Riau, Ferdinan Manalu menyebut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kuantan Singingi (Kuansing) sebagai contoh pemberani se-Indonesia.

Menurutnya, Kejari Kuantan Singingi  Hadiman SH telah memberikan harapan baru di Provinsi Riau dalam hal penegakan hukum untuk memberantas kasus-kasus korupsi. 

"Contohnya kasus yang sudah begitu lama prosesnya dan hampir tidak memberikan harapan, tetapi pada kepemimpinan beliau bisa diungkap sampai tahap persidangan. Ini yang patut kita apresiasi," ujarnya, Rabu (1/12/2021) lalu.

Ferdinan menjelaskan, sepak terjang Hadiman selama memimpin Kajari Kuansing dalam mengungkapkan pelaku korupsi telah memberikan harapan baru juga bagi masyarakat. Kepercayaan masyarakat terhadap intitusi kejaksaan dalam pengungkapan kasus korupsi sudah mulai tumbuh.

Kasus-kasus lama yang sudah mulai hilang dari ingatan, kini perlahan mulai terkuak. Ditangan Hadiman, sejumlah kasus yang telah lama mengendap, kini dibongkar kembali. Misalnya, kasus dugaan korupsi proyek tiga pilar yang menelan dana ratusan miliar.

Hadiman memberi target, kasus tiga pilar ini bakal tuntas menjelang akhir tahun 2021. 

"Kita tentu memberikan apresiasi kepada penegak hukum yang bekerja sungguh-sungguh dalam menyelesaikan kasus-kasus korupsi, karena dengan selesainya kasus tersebut akan menyelamatkan uang Negara," harapnya.

Ia pun mengakui saat ini masyarakat Riau sangat merindukan kehadiran penegak hukum pemberani lainnya di lingkungan kejaksaan, baik itu di Provinsi sampai ke tingkat Kabupaten/Kota agar pemerintahan daerah Riau  bersih dari prilaku korupsi.

"Mengingat Provinsi Riau berada di sepuluh besar tingkat kasus korupsi tertinggi  Indonesia pada Agustus tahun 2020 ," tutupnya.-hen