Sempena HUT Korpri, Bupati Inhu Ajak Pegawai Bangun Daerah


Rabu, 01 Desember 2021 - 13:48:44 WIB
Sempena HUT Korpri, Bupati Inhu Ajak Pegawai Bangun Daerah Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi melakukan ziarah kubur usai upacara HUT Korpri

RIAUIN.COM– Korps Pegawai Republik Indonesia atau biasa dikenal Korpri berdiri berdasarkan Keputusan Presiden Nomor : 82 Tahun 1971, 29 November 1971. Latar belakang sejarah KORPRI sendiri sangatlah panjang, pada masa penjajahan kolonial Belanda, banyak pegawai pemerintah Hindia Belanda, yang berasal dari pribumi.

Diusia KorpriI yang cukup dewasa, masih banyak harapan masyarakat yang tertumpang pada pegawai yang tergabung didalamnya. Karena, melalui pegawai berbagai urusan masyarakat dapat terselesaikan dan terpenuhi.

Hal itu juga sejalan dengan dengan fungsi Korpri. Di mana KorpriI sebagai wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia demi meningkatkan perjuangan, pengabdian serta kesetiaan kepada cita-cita perjuangan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 bersifat Demokratis, Mandiri, Bebas, Netral.

Pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri ke-50 di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dilaksanakan dengan apel dan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Indra Bhakti Pematang Reba pada Senin (29/11/2021) kemarin. Bahkan dalam peringatan HUT Korpri kali ini, dipimpin langsung oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE.

Mulai dari bertindak sebagai Inspektur Apel, langsung diambil alih oleh bupati termuda di Nusantara ini. Kemudian sebagai pimpinan apel, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Setiyo Sudibyo.

Pada saat apel, tampak hadir Wakil Bupati Inhu Ir H Junaidi Rachmat MSi, Sekretaris Daerah Inhu Ir H Hendrizal MSi, kepala OPD di lingkungan pemerintahan Kabupaten Inhu serta ASN dilingkungan Pemkab Inhu.

Bupati menyampaikan, dalam rangka HUT KORPRI ke-50, dilaksanakan apel di TMP Indra Bhakti untuk menghormati pahlawan. 

Harapannya dengan HUT Korpri ini, ASN semakin maju, semakin tangguh, semakin didepan untuk membangun Kabupaten Indragiri Hulu.

"Untuk TMP sendiri, kita lihat kondisi makam sudah terawat, terjaga, kita berusaha kedepannya untuk tetap dapat di pertahankan," sebut putri politisi PPP Alm Syarifudin Notman. 

Bupati berharap semoga para pegawai dapat melakukan tugas dengan penuh tangung jawab, sesuai peraturan yang berlaku. Bahkan pegawai selalu bersemangat untuk membangun Kabupaten Inhu. Karena pembangunan yang baik berada ditangan pegawai yang juga tergabung dalam Korpri.

Sebagai bentuk penghormatan, Bupati bersama undangan lainnya melakukan tabur bunga di makam pahlawan. Sambil tabur bunga, Bupati dan pejabat lainnya seraya memanjat doa untuk para pahlawan. -adv