DPRD Rohul Sahkan APBD Murni Tahun 2022, Kesehatan Dapat Jatah Tertinggi


Selasa, 30 November 2021 - 19:25:54 WIB
DPRD Rohul Sahkan APBD Murni Tahun 2022, Kesehatan Dapat Jatah Tertinggi Pengesahan APBD 2022 di DPRD Rohul/foto:yus

RIAUIN.COM - DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) telah menyetujui dan mensahkan RAPBD Rohul tahun 2022 sebesar Rp1,2 Triliun. Pengesahan tersebut dilaksanakan 
Demikian pantauan Media dilaksanakan di Ruang Paripurna DPRD Rohul, Senin (29/11/2021) sore.

Pengesahan tersebut disaksikan Bupati Rohul, Sukiman, Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda), Pj Sekda Rohul,  M Zaki serta sejumlah Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul.

Ketua DPRD Rokan Hulu, Novliwanda Ade Putra selaku Pimpinan Rapat mengakui APBD Rohul tahun 2022 mengalami kenaikan dari tahun 2021. Kenaikan itu sudah termasuk penyesuaian dana TKDD, yakni dana bagi hasil, dari dana DAK dan beberapa anggaran alokasi dana monitoring. Seluruh anggaran sudah dituangkan dalam APBD murni, sehingga lebih kurang Rp230 milyar telah di tampung dalam APBD murni.

Wanda juga menyampaikan setelah pengesahan APBD tahun 2022 ini, Pemkab Rohul akan menyampaikan hasil yang telah ditanda tangani ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk dilakukan evaluasi sekaligus sinkronisasi terhadap hasil jumlah APBD tersebut.

Ketika ditanya terkait sektor mana saja yang akan mendapatkan anggaran terbesar dalam APBD tahun 2022, Wanda mengaku bahwa sektor Kesehatan adalah yang terbesar mendapatkan anggaran dalam APBD tahun 2022.

"Terkait surat Kementerian, bahwa Pemkab harus mengalokasikan BTT sebesar 5 sampai 10 persen dari total  APBD sebanyak Rp 43 Miliar distokkan dalam BTT, sehingga seandainya terjadi kenaikan terhadap Covid-19 maupun hal lainnya, kita bisa gunakan dana BTT," ucap Wanda.

Sementara Bupati Rokan Hulu, H Sukiman mengakui bahwa beberapa waktu lalu telah dilakukan pembahasan Rancangan APBD Rohul tahun anggaran 2022. Dalam pembahasan tersebut terdapat tiga komponen yang telah disepakati bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD Rokan Hulu.

"Yang mana disepakati bersama pendapatan daerah secara keseluruhan pada Rancangannya APBD Rohul tahun anggaran 2022 sebesar Rp1.279.762.188 miliar. Dari jumlah tersebut untuk belanja daerah disepakati sebesar Rp1.291.138.861.050.

"Kita berharap, rancangan Perda tentang APBD tahun anggaran 2022 yang disepakati ini, dapat dilaksanakan dengan berpedoman pada aturan-aturan yang telah ditetapkan, serta juga terhadap apa yang menjadi harapan dari masyarakat kita semua," tutup Bupati.

Diakhir sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih kepada Badan anggaran (Banggar) DPRD Rohul yang sudah bekerja keras melakukan pembahasan APBD 2022 sehingga hari ini bisa disahkan.-yus