Anggaran Sudah Cair, Pemkab Inhu Siap Lantik 64 Kades Terpilih


Sabtu, 27 November 2021 - 19:33:34 WIB
Anggaran Sudah Cair, Pemkab Inhu Siap Lantik 64 Kades Terpilih Ilustrasi/foto:Gus

RIAUIN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) melalui Dinas Pemeberdayaan Masyarakat (PMD) sudah menganggarkan dana pelantikan bagi Kepala Desa terpilih hasil Pilkades Serentak yang digelar 27 Oktober 2021 lalu. 

"Anggaran pelantikannya sudah dibiayai  menggunakan dana APBD 2021 dan kita tidak ada memungut biaya dari para Kades terpilih, ” ujar Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Indragiri Hulu Dudi Sembari melalui Sekretaris PMD Inhu Riswidiantoro, Jumat (26/11/2021).

Riswidiantoro menjelaskan, pengadaan pakaian dinas Kepala Desa pada saat digelar pelantikan tersebut menjadi tanggungjawab Kades terpilih untuk menyiapkannya. 

"Pelantikannya kita gelar ditiga lokasi,hal ini dilaksanakan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan pelantikan digelar sesuai protokol kesehatan (Prokes) covid-19," ungkap Risdiwiantoro. 

Sebagaimana diketahui, Pelantikan perdana digelar pada tanggal 16 Desember 2021 di Gedung Dang Purnama Rengat diikuti 15 kades dari 4 kecamatan, yakni Kuala Cenaku, Rengat, Rengat Barat dan Seberida.

Kemudian pada tanggal 20 Desember 2021 pelantikan diselenggarakan di halaman Kantor Camat Sungai Lalak diikuti 31 kades dari 8 kecamatan, yakni Lirik, Pasir Penyu, Sungai Lalak Lubuk Batu Jaya, Kelayang, Rakit Kulim, Peranap dan Batang Peranap.

Terakhir, pelantikan digelar pada 23 Desember 2021 di halaman Kantor Batang Cenaku yang diikuti 18 Kades dari Kecamatan Batang Gansal dan Batang Cenaku.-Gus