Kamabida Riau H Syamsuar Minta Kwarda Riau Berperan Cegah Penyalahgunaan Narkoba


Rabu, 24 November 2021 - 00:02:24 WIB
Kamabida Riau H Syamsuar Minta Kwarda Riau Berperan Cegah Penyalahgunaan Narkoba Ketua Kwarda Riau HM Azaly Djohan didampingi Ketua Harian H OK Nizami Jamil menyampaikan perkembangan kegiatan Kwarda Gerakan Pramuka Riau kepada Gubernur Riau saat audiensi Minggu (21/11/2021) sore di kediaman Gubri.

RIAUIN.COM- Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau menerima audiensi Pimpinan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau bersama Mabida Harian Gerakan Pramuka Riau pada Minggu (21/11/2021) sore di kediamannya.

Dari Mabida Harian turut serta Ketua Harian Mabida Riau Drs. H. Masrul Kasmy MSi, Sekretaris Mabida Riau Indrawansyah SE MSi. Sedangkan Pimpinan Kwarda Gerakan Pramuka Riau yang hadir Ketua Kwarda Riau HM Azaly Djohan SH, Ketua Harian Kwarda Riau Drs H OK Nizami Jamil, Sekretaris Kwarda Riau Indra Irianto SH, serta dua orang Anggota Mabidari yaitu Prof Drs H Suwardi MS, H Amrin Am SH, dan Irwan Yuliadi SIP. 

Pada pertemuan tersebut Ketua Kwarda Riau HM Azaly Djohan menyampaikan perkembangan kegiatan Kwarda Gerakan Pramuka Riau. Dikatakan, Kwarda Riau baru saja selesai menyelenggarakan kegiatan Geladian Pimpinan Regu Penggalang yang diikuti utusan Kwartir Cabang se-Daerah Riau. 

Pada kesempatan itu HM Azaly Djohan, SH juga menjemput Ketua Mabida Riau Drs H Syamsuar MSi berkenan membuka Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK) se-Daerah Riau, melaunching aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pramuka dikenal dengan aplikasi Simuka. Simuka merupakan inovasi Kwarda Riau untuk memudahkan pendataan anggota Gerakan Pramuka, dan melaporkan kegiatan Kepramukaan di Riau.

"Kami mohon berkenan Bapak Gubernur berkenan membuka KPDK, melaunching aplikasi SIMUKA dan menyaksikan pelantikan Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka," kata Azaly Djohan.

Pada kesempatan audiensi tersebut Ketua Mabida Riau H Syamsuar mengapresiasi program kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwarda Riau.

"Sayo sebetulnyo sudah rindu ikut kegiatan Pramuka, terakhir sayo menghadiri kegiatan Pramuka tahun 2019, Insya Allah Kegiatan Pramuka tanggal 26 November 2021 nanti Insya Allah sayo hadir," kata Syamsuar dengan logat khas Melayunya.

Mantan Bupati Siak ini mengharapkan Kwarda Gerakan Pramuka Riau berperan aktif melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba melalui kegiatan cegah penyalahgunaan Narkoba sampai ke Gudep-Gudep.

Kata dia, kondisi geografis Riau yang di wilayah Pesisir rentan terjadi penyelundupan narkoba dari luar negeri, dan yang menjadi sasaran peredaran narkoba adalah anak-anak usia sekolah.

Sekretaris Mabida Riau Indrawansyah yang ditemui usai audiensi mengatakan Kamabida Riau  sangat mendukung kegiatan Kwarda Riau. Mengenai peran serta kader Pramuka terhadap kampanye anti narkoba insya Allah akan segera ditindaklanjuti. 

"Mabida akan mensupport kegiatan tersebut. Harapan kita Satuan Karya juga mengambil peran tersebut. Kader Pramuka mesti diberikan kegiatan positif seperti pencapaian SKU dan SKK. Dengan demikian akan menjadi generasi terampil yang tidak terjebak maupun terlibat pada penyalahgunaan Narkoba.

"Anak Pramuka itu punya rasa percaya diri yang tinggi, punya keterampilan. Dan anti narkoba kita akan disemai di kalangan peserta didik," menurut pria yang juga Kabid Angkutan Jalan Dishub Riau ini. - rls