Gubernur Riau Bantu Korban Banjir di Kota Dumai 


Senin, 01 November 2021 - 00:11:11 WIB
Gubernur Riau Bantu Korban Banjir di Kota Dumai  Gubernur Riau, H Syamsuar menyerahkan bantuan beras dan kebutuhan pokok lainnya kepada salah seorang korban banjir di Kota Dumai, Sabtu (30/10/2021). | Foto : mcr

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengunjungi korban banjir di Kota Dumai, Sabtu (30/10/2021). Kedatangan orang nomor satu di Riau ini membawa harapan besar bagi warga yang terkena bencana banjir rob.

Syamsuar datang dengan membawa bantuan sembako untuk diberikan kepada warga terdampak banjir. Dengan menyisir lokasi yang menjadi titik peninjauan Gubri ke Dumai yaitu, di Kelurahan Bukit Datuk dan Kelurahan Bumiayu Kecamatan Dumai Selatan.

Bencana banjir di Kota Dumai dilaporkan akibat tingginya intensitas curah hujan di wilayah kota industri ini. Data dari Pemko Dumai, jumlah warga terimbas dari dua kelurahan tersebut tercatat sebanyak 2.831 jiwa.

Penanganan banjir langsung dilakukan dengan menyediakan sarana dan prasarana untuk evakuasi banjir ini, terdapat dua unit perahu fiber BPBD Kota Dumai, satu unit perahu Karet BPBD Kota Dumai. Kemudian, satu unit perahu karet MHC, satu unit perahu karet Polresta Dumai dan satu unit perahu karet Rumah Penjelajah.

Saat ini upaya yang telah dilakukan oleh tim penanganan banjir di lokasi itu di antaranya, melakukan koordinasi dengan stakeholder penanganan banjir terkait. 

Tim telah mendirikan dapur umum lapangan, melakukan asesmen dan kebutuhan logistik, menyiapkan tempat pengungsian dan mengevakuasi korban terdampak banjir.

Sementara, bentuk dukungan yang telah diberikan oleh Pemerintah provinsi Riau melalui Dinas Sosial Provinsi Riau yaitu, mobil dapur umum serta peralatannya, tenda serbaguna satu unit, tenda pengungsi merah putih satu unit, tenda keluarga  lima unit, matras 10 pcs, dan tenda gulung lima pcs.

Selain itu, bantuan lainnya velbed 10 unit, makanan anak lima dus, bantuan beras sebanyak 300 Kg, serta personil Taruna Siaga Bencana (Tagana) 10 orang. 

Dengan membawa kantung plastik berisi sembako Gubri langsung membagikannya kepada warga korban banjir di Kota Dumai. 

Syamsuar berkesempatan mendengarkan keluhan dari warga terdampak banjir Kota Dumai. 

Syamsuar meninjau langsung tenda tempat warga korban banjir Kota Dumai mengungsi.  

Khawatir korban banjir Kota Dumai kekurangan pangan, Gubernur Riau Syamsuar meninjau langsung lokasi dapur umum yang didirikan Pemko Dumai.