Amankan Pilkades Serentak 2021, Polres Rohul Gandeng TNI dan Satpol PP


Jumat, 19 November 2021 - 20:52:49 WIB
Amankan Pilkades Serentak 2021, Polres Rohul Gandeng TNI dan Satpol PP Rakor persiapan pengamanan Pilkades Serentak di Rohul/foto:yus

RIAUIN.COM - Polres Rokan Hulu bersama unsur TNI dan Satpol PP siap mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)  Serentak. Hal ini disampaikan Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpyanto Harjito SIK pada Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang Ke III di 19 Desa, Jumat, (19/11/2021).

Pada kesempatan itu, Kapolres Rohul  menyampaikan, gabungan pengamanan dari unsur TNI Polri serta Satpol PP Rohul  akan melakukan koordinasi dengan Panitia Pilkades  tersebut. 

"Kita juga akan melakukan pelaksanaan kegiatan deklarasi damai, dan segera untuk menyusun agenda yang akan dipersiapkan," tuturnya.

Kapolres meminta, agar unsur terkait yang terlibat dalam Pilkades tersebut membuat grup Panitia Desa sebagai upaya terciptanya komunikasi antar pihak dengan baik.

Sementara, Kadis DPMPD Rohul, diwakili  Kabid Pemdes, Asnawi, menjelaskan, jumlah Bakal Calon Kepala Desa (Cakades) yang Akan maju pada Pilkades serentak Gelombang III Tahun 2021, mendaftar sebanyak 67 orang dan yang dinyatakan lolos sebanyak 65 orang.

"Setelah dilakukan seleksi dan pemeriksaan berkas, dinyatakan lulus sebanyak 65 orang dan gugur 2 orang," terangnya

Sementara Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 42.009 orang setelah dilakukan pemutakhiran data, diperoleh hasil sebanyak 43.092 orang, pemilih laki-laki sebanyak 21.202 orang dan pemilih perempuan sebanyak 20.891 orang, dengan jumlah TPS sebanyak 147.

Terkait pembentukan KPPS di masing-masing Desa, telah dilaksanakan di 19 Desa dan untuk DPTb adanya penambahan.

Rakor tersebut dipimpin Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpyanto Harjito, SIK juga di dampingi Wakapolres Kompol Adi Prabowo, SH SIK MH dan Kabag Ops Polres Rohul, AKP Prihadi Tri Saputra, SH MH. Kemudian, diikuti, Kadis DPMPD, diwakili Kabid Pemdes, Asnawi, MSi, Kasat Pol PP diwakili Sekretaris, Denis H, SIP, Kasi Pemerintahan Desa, DPMPD  Mukhlis, S Sos.

Kasat Binmas, AKP Hermawan, Kasat Samapta, AKP Kamsir, SH,  Kasat Narkoba, AKP Masjang,  para Kapolsek jajaran Polres Rohul dan masing - masing Dua perwakilan Panitia Pilkades dari 19 Desa.-yus