Empat Tahun Berturut-turut, Inhu Raih Penghargaan KLA 2021 Tingkat Madya


Jumat, 19 November 2021 - 20:36:02 WIB
Empat Tahun Berturut-turut, Inhu Raih Penghargaan KLA 2021 Tingkat Madya Peringatan HAN di Inhu/foto:Gus

RIAUIN.COM - Sejak tahun 2017 lalu hingga tahun 2021, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) selama empat tahun berturut-turut menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Madya. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA RI).

Pencapaian selama empat tahun berturut-turut itu, atas penilaian Kementerian PPPA RI kepada Kabupaten Inhu dalam bentuk apresiasi atas komitmen pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di daerah ini. 

Penghargaan KLA dari Kementerian PPPA RI pada tahun 2021 ini, telah diterima oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE dari Asisten Deputi PHA atas Pengasuhan dan Lingkungan Kementerian PPPA RI, Rohika Kurniadi Sari pada tanggal 14 Oktober 2021 lalu di Gedung Kementerian PPPA RI Jalan Medan Merdeka Barat nomor 15 Jakarta Pusat.

KLA itu sendiri merupakan suatu pembangunanan kabupaten/kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak.

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Inhu pada tahun 2021 dapat diselenggarakan dengan sistem tatap muka. Peringatan HAN pada tahun sebelumnya tidak dapat diselenggarakan akibat pandemi Covid-19. Dimana peringatan HAN tersebut dilaksanakan setiap tanggal 23 Juli.

Pelaksanaan peringatan HAN tahun ini pada Kamis (19/11/2021) yang dipusatkan di Gedung Dang Purnama Rengat, dinilai cukup meriah dan sakral. Sebab acara peringatan HAN dihadiri langsung oleh orang nomor satu Kabupaten Inhu, Rezita Meylani Yopi SE. 

Sesuai dengan yang diterbitkan oleh Kementerian PPPA RI, Tema HAN 2021 ini adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" dan tagline #AnakPeduliDiMasaPandemi.

Pada peringatan HAN, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE menyampaikan selamat Hari Anak Nasional 2021 untuk seluruh anak yang ada di Indonesia khususnya anak-anak yang ada di Kabupaten Inhu. 

Menurut Rezita, sesuai dengan tema tahun ini diharapkan semua pihak harus dapat melindungi anak-anak generasi penerus bangsa agar Indonesia kedepannya dapat maju. 

"Pemerintah Kabupaten Inhu akan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk memenuhi hak anak yang ada di daerah ini. Sehingga, tujuan peringatan HAN 2021 sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa dapat tercapai," ujarnya.

Rezita juga menyampaikan kilas balik atas pencapaian prestasi dan penghargaan atas pemenuhan hak atas anak. Dimana atas pemenuhan hak anak tersebut, Kabupaten Inhu sudah empat tahun berturut-turut menerima penghargaan dari Kementerian PPPA RI. Penghargaan tersebut tidak lepas peran semua pemangku kepentingan di daerah ini.

Semoga atas penghargaan tersebut dapat ditingkatkan pada masa yang akan datang. Karena melalui pemenuhan hak atas anak juga termasuk dalam pencapaian kesejahteraan khususnya untuk anak.

"Semoga kita dapat terus berusaha meningkatkan prestasi di bidang anak untuk mewujudkan Kabupaten Inhu yang lebih sejahtera," harap Rezita.

Pencapaian KLA tingkat madya pada tahun 2021 juga tidak terlepas dari peran Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE bersama Gugus Tugas KLA. Karena Pemerintah Kabupaten Inhu masih tetap komitmen untuk pemenuhan kebutuhan anak dan setiap program tentang anak, dijalankan penuh oleh gugus tugas KLA.

Sehingga itu pula yang membuat Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati memberikan apresiasi dan penghargaan Kepada Daerah. "Ini adalah wujud komitmen tinggi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak yang dinilai oleh Tim Indenpenden menggunakan 24 Indikator '' ujar I Gusti Ayu Bintang Darmawati saat penyerahan penghargaan KLA beberapa waktu lalu.

Adapun 24 indikator penilaian dalam pemenuhan hak anak sebagai KLA tersebut dirangkum dalam lima klaster kelembagaan, yakni pemenuhan perlindungan khusus, pemenuhan hak sipil dan kebebasan, hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi atas penghargaan KLA mengungkapkan rasa syukurnya dan berharap dapat naik peringkat ke tingkat yang lebih tinggi. Peringkat yang lebih tinggi itu, tentunya berusaha lebih maksimal lagi untuk naik peringkat yakni semua komponen masyarakat agar dapat bersinergi untuk berkomitmen bersama-sama dalam memenuhi hak anak.

Karena selama empat tahun berturut-turut, Kabupaten Inhu pertama kali menerima penghargaan KLA pada tahun 2017 dengan peringkat pertama. Bahkan selama dua secara berturut-turut dapat mempertahankan peringkat pertama. "Kemudian pada tahun 2019 Inhu naik peringkat menjadi KLA tingkat madya hingga saat ini," terangnya.-***