Bupati Siak Sebut Pelayanan Kesehatan Harus Lakukan Pembaharuan


Jumat, 12 November 2021 - 22:33:30 WIB
Bupati Siak Sebut Pelayanan Kesehatan Harus Lakukan Pembaharuan Bupati Siak, Alfedri menyerahkan penghargaan kepada salah seorang dokter di RSUD Tengku Rafi'an, Jumat (12/11/2021). | Foto : Istimewa

RIAUIN.COM- Bupati Siak, Alfedri menyebutkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafi'an harus mampu melakukan pembaharuan, agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat dapat maksimal. Hal itu dikatakan Bupati saat meresmikan pemakaian Laboratorium Patologi Anatomi (PA) RSUD Tengku Rafi’an Siak bertepatan HUT HKN ke-57 tahun 2021, Jumat (12/11/2021).

Kegiatan itu di hadiri, Wakil Bupati Siak, Ketua Ikatan Dokter Ahli Patologi Anatomi Provinsi Riau, Direktur RSUD Tengku Rafi'an, Kepala Dinas Kesehatan dan jajaran serta Tenaga Kesehatan dan Tenaga Non Kesehatan RSUD Siak. 

Dikatakan Bupati, ada 6 hal yang harus dilakukan transpormasi pelayanan dasar, pelayanan rujukan, pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan dan 
transpormasi bio teknologi kesehatan. Termasuk peningkatan akreditasi RSUD menjadi tipe C yang saat ini telah diraih.

"Kami ingin menyampaikan bahwa ke depan ini, mimpi kita bagaimana RSUD tipe C bisa menjadi rujukan regional warga Meranti, Bengkalis bisa di rujuk ke sini. Sehingga akreditasinya bisa di tingkatkan menjadi tipe B. Tinggal kita bagaimana melengkapi fasilitas dan SDM-nya," pintanya. 

Momentum HKN ini, lanjut Bupati RSUD bisa kembali memperbaharui komitmen bersama memberikan pelayanan kesehatan lebih baik kepada masyarakat. 

"Kami atas nama Pemkab Siak mengapresiasi program RSUD, hari ini menambah satu lagi laboratorium Patologi Anatomi (PA) untuk melengkapi sarana-prasarana, fasilitas alkes dan tenaganya," ucapnya. 

Dia berharap bagaimana Siak ke depan bisa menjadi daerah tujuan wisata kesehatan. Di mana orang datang ke Siak berwisata sambil berobat, berobat sambil berwisata. Ini hal yang tidak mustahil.

"Cita-cita kita jangka pendek di Siak adalah bagaimana Siak ini health tourism (wisata kesehatan), seperti Malaka lah, orang berwisata sambil berobat, orang berobat sambil berwisata, itu mimpi kita kedepan. Kita berwisata ke Malaka sambil medikal cek-up, bisa rehabilitasi medis dan lain-lain," kata dia. 

Direktur RSUD Tengku Rafi'an, Beny Chairuddin mengatakan sebuah RS baru harus terus meningkatkan layanan kesehatan. Sehingga RSUD ini mendapat penghargaan RSUD tipe C terbaik se-Regional Sumatera beberapa waktu lalu yang di terima di Dumai. 

"Alhamdulillah, di peringatan HKN tenaga kesehatan kita diundang Presiden ke Istana Negara. Hanya 5 orang dari Sumatera ini diundang ke Istana, salah satunya nakes kita," ungkapnya. -inf