Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021, Ini Pesan Wakapolresta Pekanbaru


Senin, 15 November 2021 - 10:58:07 WIB
Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021, Ini Pesan Wakapolresta Pekanbaru Wakapolresta Pekanbaru tinjau kesiapan personel jelang gelar Operasi Zebra Lancang Kuning 2021/foto:humas

RIAUIN.COM - Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol. Dr Pria Budi, SIK MH melalui Wakapolresta Pekanbaru AKBP Henky Poerwanto, SIK, MM pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 di halaman belakang Mako Polresta Pekanbaru, Senin,(15/11/2021)

Dalam amanat Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang disampaikan, Wakapolresta mengatakan Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

"Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan Kepatuhan Masyarakat dalam Berlalu Lintas dan berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," Ujar Wakapolresta Pekanbaru, Henky Poerwanto.

Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 yang berlangsung selama empat belas hari ini diadakan serentak di seluruh Indonesia yang dimulai pada tanggal dan berakhir tanggal 28 November 2021

Beliau menambahkan, target operasi ini untuk meningkatkan Kamseltibcar dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Yang menjadi target operasi ini merupakan terciptanya Kamseltibcar Lantas pada Jalur Tol, Arteri dan Tempat Wisata, Memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mencegah terjadinya kerumunan massa demi menurunkan level PPKM di wilayah Riau serta memperlancar arus lalu lintas dengan harapan menurunkan jumlah fatalitas korban lakalantas," ucapnya.

Selanjutnya masih dikatakan Wakapolresta, sasaran Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 merupakan segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19, masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan dan tidak disiplin dalam berlalu lintas serta lokasi yang rawan macet, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dan rawan kerumunan.

Sebelum menutup amanatnya, Wakapolresta Pekanbaru menyampaikan pesan bagi personel yang bertugas agar selalu menjaga kesehatan dengan mengutamakan keselamatan.

"Kepada Personel yang bertugas selalu jaga kesehatan, jiwa dan raga dengan selalu utamakan keselamatan, laksakan tugas dengan penuh tanggung jawab, kenali psikologis masyarakat dengan melakukan penegakan hukum yang memberikan edukasi dan penyadaran tentang pentingnya berlalu lintas.

Selanjutnya, menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan melaksanakan 5M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Membatasi Mobilitas)," tutup Wakapolresta Pekanbaru.

Pada apel tersebut, turut hadir PJU Polresta Pekanbaru, Kapolsek Jajaran Polresta Pekanbaru, POM TNI Pekanbaru, Dishub Kota Pekanbaru, Jasa Raharja Kota Pekanbaru, Personel Polresta Pekanbaru, dan Sat Satpol PP Kota Pekanbaru.-dn