Hamdani Resmi Diberhentikan Jadi Ketua DPRD Pekanbaru, Lampiran Putusan Langsung Dikirim ke Gubernur


Rabu, 03 November 2021 - 09:02:53 WIB
Hamdani Resmi Diberhentikan Jadi Ketua DPRD Pekanbaru, Lampiran Putusan Langsung Dikirim ke Gubernur Paripurna pemberhentian Hamdani sebagai Ketua DPRD Pekanbaru/foto:Gilangnews

RIAUIN.COM - DPRD Pekanbaru mengumumkan pemberhentian Hamdani sebagai Ketua DPRD Pekanbaru masa jabatan 2019-2024. Pemberhentian Hamdani selaku Ketua DPRD Kota Pekanbaru diputuskan melalui rapat paripurna dengan agenda Pengumuman Pemberhentian Pimpinan DPRD Kota Pekanbaru, Selasa (2/11/2021).

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama, Tengku Azwendi Fajri dan Nofrizal.

Usai paripurna, Ginda Burnama menjelaskan, bahwa untuk administrasi pemberhentian Hamdani dari Ketua DPRD Pekanbaru dan lampiran Pembacaan Keputusan BK DPRD Pekanbaru, langsung dikirim ke Gubernur Riau melalui Walikota Pekanbaru hari ini

"Prosedur surat akan dikirim ke Gubernur melalui Walikota Pekanbaru, yang diserahkan adalah hasil paripurna hari ini dan hasil putusan dari Badan Kehormatan," katanya.

Secara administrasi, Ginda mengatakan Hamdani tidak bisa lagi melakukan aktifitasnya, namun secara status, Hamdani masih menjadi pimpinan DPRD Pekanbaru. 

"Sampai dikeluarkannya SK dari Gubernur Riau, saudara Hamdani statusnya masih pimpinan DPRD Pekanbaru. Begitu juga dengan haknya, masih menerima sebagai pimpinan. Namun secara administrasi Hamdani tidak bisa lagi, termasuk untuk urusan pimpinan," jelasnya. 

Sebagai informasi, kursi Ketua DPRD Pekanbaru tetap milik PKS hingga tahun 2024. DPRD Pekanbaru menunggu SK pemberhentian Hamdani dari Gubernur Riau, yang nantinya dikirim ke DPD PKS Pekanbaru, untuk diusulkan penggantinya. 

"Kita sifatnya menunggu saja dari Pemko dan Gubernur Riau. Gubernur mengirimkan hasilnya nanti ke DPRD Pekanbaru," sebutnya. 

Dalam waktu dekat, Ginda bersama pimpinan lainnya, akan berkomunikasi dengan para pimpinan fraksi, dimana di DPRD Pekanbaru ada 7 Fraksi.

"Kita bagaimana ke depannya bisa bekerja untuk masyarakat Kota Pekanbaru. Tentunya kita menjaga harkat martabat serta marwah DPRD Pekanbaru," janjinya.-dn