Kontak Senjata TNI dan KKB di Intan Jaya Papua, Suara Tembakan Terdengar di Pemukiman Warga


Ahad, 31 Oktober 2021 - 10:24:36 WIB
Kontak Senjata TNI dan KKB di Intan Jaya Papua, Suara Tembakan Terdengar di Pemukiman Warga ilustrasi/Foto:Antara

RIAUIN.COM - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terlibat kontak senjata dengan pasukan TNI-Polri di Kabupaten Intan Jaya, Papua, Jumat (29/10/2021). Ini merupakan pertempuran hari ketiga yang terjadi di Bilogai, Ibu Kota Kabupaten Intan Jaya.

Dewan Paroki Missael Bilogai John Abugau mengatakan, masyarakat dari Kampung Bilogai dan Kumpalagupa saat ini mengamankan diri dalam Gereja Katolik Bilogai. Suara tembakan masih terdengar hingga membuat masyarakat memilih untuk mengungsi.

"Kontak senjata di hari ketiga ini membuat masyarakat yang tinggal di sekitar kampung Bilogai (Wajimba) dan Palopo lebih mengamankan diri di gereja, dibandingkan rumah mereka," ujar Abugau, Jumat (29/10/2021).

Dia menyebut juga telah terjadi pembakaran rumah warga di Bologai. Namun belum diketahui berapa jumlah rumah warga yang hangus terbakar.

"Selain kontak tembak, beberapa rumah warga juga dibakar. Kami belum tahu pasti siapa yang bakar rumah warga ini," katanya.

Sebelumnya, kontak senjata juga terjadi di Kampung Mamba, Kabupaten Intan Jaya, Selasa (26/10/2021). Dalam peristiwa ini, satu personel yakni Serka Asep luka tembak di perut.

Kemudian terjadi penembakan di Sugapa, Intan Jaya pada Rabu (27/10/2021). Dalam kejadian ini, KKB menembak dua orang anak, satu di antaranya meninggal dunia. KKB juga sempat melakukan penembakan ke Polsek dan Koramil Sugapa. -dn