86 Orang Terinfeksi HIV/AIDS di Inhu, Pangkalan Kasai Terbanyak


Senin, 25 Oktober 2021 - 22:28:52 WIB
86 Orang Terinfeksi HIV/AIDS di Inhu, Pangkalan Kasai Terbanyak Ilustrasi/foto: liputan6.com

RIAUIN.COM - Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Riau, dr Sri Suryaningsih melakukan kunjungan kerja (Kunker) dalam rangka audiensi terkait penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Senin (25/10/2021).

Dalam kunker tersebut, dr Sri Suryaningsih didampingi pengelola program, Helmi Yardi diterima Bupati Rezita Meylani Yopi. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Elis Julinarti dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Inhu, Jawalter. 

Kepada Bupati Rezita, Sri Suryaningsih menjelaskan mengenai virus HIV/AIDS yang  paling banyak diderita oleh ibu rumah tangga karena prilaku seksual pasangannya

Sri mengatakan, Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Riau sudah menjalankan sejumlah program seperti pemeriksaan HIV/AIDS melalui VCT yang rutin dilakukan dan melakukan sosialisasi mengenai virus tersebut.

Sri Suryaningsih meminta kepada Bupati Rezita untuk membantu pihaknya mengimbau masyarakat yang beresiko tertular HIV/AIDS untuk jangan takut memeriksakan diri ke puskesmas agar cepat ditanggulangi dan dicegah penularannya.

Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi mengaku prihatin dengan kasus HIV/AIDS yang ada di Inhu. Ia mengatakan akan mendukung Program yang dilakukan KPA Riau untuk mencegah dan menanggulangi penularan HIV/AIDS di Riau khususnya Kabupaten Inhu.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Elis Juniarti mengatakan, saat ini di Inhu terdapat 86 kasus HIV/AIDS yang terdeteksi dengan jumlah terbanyak di Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida.

Elis juga mengatakan, saat ini di terdapat 5 puskesmas di Inhu yang memberikan pelayanan Tes VCT gratis.-Gus