Pindah ke Agama Hindu, Sukmawati Soekarnoputri Siapkan Acara Ritual


Jumat, 22 Oktober 2021 - 23:13:46 WIB
Pindah ke Agama Hindu, Sukmawati Soekarnoputri Siapkan Acara Ritual Sukmawati Soekarnoputri

RIAUIN.COM - Desas-desus putri Presiden Pertama RI, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, bakal pindah keyakinan ke agama Hindu semakin terang.

Dikabarkan Sukmawati bakal menjalani prosesi Sudhi Wadani ke agama Hindu di Bali. Acara Sudhi Wadani tersebut akan digelar di kawasan Situs Cagar Budaya rumah asal Ibunda Bung Karno di Kota Singaraja, Buleleng.

Penanggung jawab upacara, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa, kepada wartawan menjelaskan pihaknya sedang mempersiapkan acara dimaksud.

"Ya sudah disiapkan cukup lama. Nanti tanggal 26 Oktober minggu depan acara Sudhi Wadani-nya. Tempatnya di Balai Agung di Singaraja," kata Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa, Jumat (22/10/2021), seperti dilansir detikcom.

Dikatakan, pemilihan tempat Bale Agung Singaraja merupakan keinginan langsung dari Sukmawati Soekarnoputri. Tempat itu dipilih karena ada kaitannya dengan neneknya Ida Ayu Nyoman Rai Srimben yang tidak lain atau ibu kandung Soekarno.

Arya Wedakarna yang juga Ketua The Soekarno Center itu menjelaskan bertukarnya agama Sukmawati dari Islam ke Hindu kemungkinan karena Bali. Menurutnya, selama 19 tahun mendampingi di Partai Nasional Indonesia (PNI) dan The Soekarno Center, Sukmawati lebih banyak datang ke pura dan mengikuti acara Hindu serta suka berdiskusi dengan para pemangku maupun pendeta.

"Jadi menurut saya, itu pilihan beliau ya, jadi kalau alasan yang paling utama kan tentu beliau yang tahu. Jadi kami tidak masuk ke wilayah itu. Kami diminta menyiapkan acara untuk putri proklamator dan kami siapkan semuanya," jelas Arya.

Arya juga mengatakan keputusan Sukmawati memeluk agama Hindu juga sudah melakukan pertemuan dengan internal atau keluarganya. Informasi yang didapatnya, Sukmawati telah mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga. - gha