Hasil SKD CPNS di Riau, 1.426 Peserta Memenuhi Passing Grade


Kamis, 21 Oktober 2021 - 18:55:18 WIB
Hasil SKD CPNS di Riau, 1.426 Peserta Memenuhi Passing Grade Ilustrasi/foto:Antara

RIAUIN.COM - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, telah menyelesaikan hasil ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), bagi Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau. Hasilnya sebanyak 1.426 peserta dinyatakan memenuhi passing grade (MPG), dari 3.230 peserta yang mengikuti ujian SKD.

Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan, seluruh peserta telah menjalani tes SKD yang meliputi tes karakter pribadi (TKP), tes wawasan kebangsaan (TWK), dan tes intelegensi umum (TIU). Bagi yang dinyatakan memenuhi passing grade bisa mengikuti ujian selanjutnya.

“Sesuai dengan ketentuan memenuhi syarat passing grade peserta telah ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Bobot peserta yang dinyatakan lulus adalah, untuk nilai TWK 60, nilai TIU 80 dan nilai TKP 166, dan totalnya passing grade 311,” ujar Ikhwan, Kamis (21/10).

Ikhwan menjelaskan bahwa passing grade seluruh peserta harus bisa memenuhi nilai yang telah ditetapkan. Selanjutnya dilakukan perengkingan, sesuai dengan jumlah kuota penerimaan CPNS dilingkungan Pemprov Riau.

Ditambahkan Ikhwan, bagi peserta yang sudah dinyatakan MPG, tidak langsung bisa mengikuti ujian selanjutnya Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Dari hasil tes yang dinyatakan MPG, kembali dilakukan perengkingan sesuai dengan formasi yang diterima oleh Pemprov Riau pada tahun 2021 ini. Masing-masing formasi akan diisi sebanyak 3 orang, sesuai dengan perengkingan hasil MPG.

“Jadi satu formasi itu yang berhak mengikuti SKB, itu nilai tertinggi dari hasil passing grade. Tiga besar dari hasil MPG berhak mengikuti SKB. Misalnya untuk formasi teknis komputer, yang diterima 2 bidang, dikalikan 3, jadi ada 6 orang yang berhak mengikuti SKB. Begitu juga selanjutnya di formasi lainnya,” kata Ikhwan. -dn