Gunung Aso di Jepang Meletus, Abu Vulkanik Selimuti Wilayah Kyushu


Kamis, 21 Oktober 2021 - 12:41:33 WIB
Gunung Aso di Jepang Meletus, Abu Vulkanik Selimuti Wilayah Kyushu Screenshoot abu vulkanik Gunung Aso di Kyushu, Jepang/foto:edt

RIAUIN.COM - Gunung berapi di Pulau Kyushu, Jepang, mengalami erupsi, Rabu (20/10/2021). Badan Meteorologi Jepang mengumumkan bahwa Gunung Aso meletus dan memuntahkan abu vulkanik setinggi 3.500 meter.

Abu vulkanik yang jatuh dari salah satu puncak gunung setinggi 1.592 meter yang terletak di Prefektur Kumamoto itu akan terdeteksi di kota-kota terdekatnya hingga Rabu sore.

Gunung yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jepang itu juga melontarkan bebatuan ke lereng. Menurut media setempat, sejauh ini belum terdata apakah ada korban dari peristiwa erupsi yang terjadi pada dini hari waktu setempat tersebut.

Warga yang berada disekitar Gunung Aso diminta untuk menjauhi radius bahaya dari erupsi gunung tersebut. Otoritas setempat juga memeriksa pengunjung yang berkemah ataupun pendaki yang terjebak saat erupsi terjadi.

"Nyawa manusia menjadi prioritas kami dan kami akan bekerja dengan Pasukan Pertahanan Dir, polisi, dan pemadam kebakaran untuk mengatasi situasi ini dengan efektif," ujar Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno.

Dilansir dari NHK, erupsi pertama terjadi pada Rabu, sekitar pukul 11.43 waktu setempatu. Satu sejam kemudian erupsi kembali terjadi dengan tinggi kolom abu mencapai 1.600 meter. -dn