Kerja tak Selesai Buruh Babat Lahan di Desa Batu Langka Besar Rohul Tenggak Gromokson


Ahad, 17 Oktober 2021 - 23:04:57 WIB
Kerja tak Selesai Buruh Babat Lahan di Desa Batu Langka Besar Rohul Tenggak Gromokson Buruh babat lahan Manson Pakpahan terbaring lemas di klinik setelah melakukan percobaan bunuh diri. | Foto : Istimewa.

RIAUIN.COM- Seorang buruh pembabat lahan warga Desa Batu Langka Besar, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu, Manson Pakpahan (45) terpaksa dilarikan ke klinik setelah menenggak Gromokson (racun pembasmi rumput, red). Tindakan percobaan bunuh diri itu dilakukannya karena stres pekerjaan membabat lahan milik PT Giga Putra Perkasa tak kunjung selesai.

Namun aksi percobaan menghabisi nyawa sendiri itu gagal karena Manson Pakpahan ditemukan anaknya di kamar mandiri dalam keadaan lemas. 

Kepada penyidik Polres Rohul, anak Manson Pakpahan, Alparo (11) menceritakan, kejadian berawal pada Jumat itu pukul 09.15. Saat itu Alparo pulang ke rumah dan menemukan ayahnya sudah tergeletak lemas di dalam kamar mandi.

Melihat kondisi ayahnya yang sudah lemas, Alparo berlari ke luar rumah untuk mencari pertolongan. Pada saat itu, Alparo menjumpai tetangganya Cristian Harianti dan menceritakan kondisi ayahnya.

Mendengar cerita Alparo, Cristian Harianti memanggil tetangga yang bernama Wilar Ganda Sinaga. Keduanya masuk ke dalam rumah dan memeriksa kondisi Manson Pakpahan yang sudah tergeletak lemas.

"Keduanya akhirnya membawa korban ke Klinik Kabunda untuk dilakukan pertolongan pertama," kata Kapolres Rohul melalui Paur Humas, IPDA Sumardi SH kepada riauin.com. 

Berdasarkan Informasi Polsek Kabun dari keterangan Ayup yang merupakan anak pertama korban, Manson melakukan percobaan bunuh diri dengan cara meminum racun dikarenakan setres oleh pekerjaan yang tidak selesai. Diketahui Manson bekerja sebagai pemborong babatan lahan di Perkebunan PT. Giga Putra Perkasa.

Sementara itu, Ketua RT 01 Batu Langka Besar, Robet Hutahaean mengatakan Manson Pakpahan tidak memiliki masalah dengan tetangga, baik masalah pribadi maupun masalah utang piutang. 

"Saya hanya mengetahui permasalahan Manson Pakpahan terkait borongan babatan yang tidak berjalan dengan lancar," ujarnya.

Ketika dikonvirmasi, Kapolres Rohul melalui Paur Humas IPDA Sumardi membenarkan peristiwa tersebut.

"Saat ini, Manson Pakpahan sudah dirujuk ke RSUD Bangkinang, Kabupaten Kampar untuk dilakukan perawatan lebih intensif. Perkembangan akan diteruskan kepada Pimpiman pada kesempatan pertama," ujarnya. -yus