Kabar Baik, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Resmi Dibuka dengan Kapasitas Penuh, Jarak Beribadah Kembali Normal


Ahad, 17 Oktober 2021 - 11:57:18 WIB
Kabar Baik, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Resmi Dibuka dengan Kapasitas Penuh, Jarak Beribadah Kembali Normal Pencopotan stiker penanda jarak sosial di Masjidil Haram/foto:Instagram/@reasahalharmain.

RIAUIN.COM - Pemerintah Arab Saudi kembali melonggarkan pembatasan jarak sosial di dalam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mulai Minggu, (17/10/2021). Hal ini dilakukan karena penurunan kasus infeksi harian Covid-19 secara signifikan. Hal ini berdampak positif terhadap kapasitas sholat berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, dimana sholat berjamaah dapat dilaksanakan dengan jarak saf seperti biasa.

Berdasarkan informasi dari laman Instagram resmi pemerintah Arab Saudi @reasahalharmain, Sabtu (16/10/2021), Pemerintah Arab Saudi mencabut stiker-stiker penanda jarak sosial dan mengizinkan kehadiran jamaah dengan kapasitas penuh pada dua Masjid Suci di Arab Saudi tersebut.

Dalam unggahannya di media sosial instagram, admin menuliskan bahwa petugas mulai mencopot stiker dari semua lokasi di Masjidil Haram untuk persiapan sholat subuh pada hari Minggu.

"#HappeningNow: Mengikuti keputusan untuk melonggarkan tindakan pencegahan; Kepresidenan mulai menghapus stiker jarak fisik dari semua situs di Masjidil Haram untuk persiapan salat Subuh pada hari Minggu," tulis @reasahalharmain.

Atas unggahan resmi ini, sejumlah warganet dan pelaku travel mulai lega dan membanjiri kolom komentar.

"Alhamdulillah Alhamdulillah akhirnya normalisasi Masjidil Haram untuk semua jamaah di buka kembali, berkat doa kita semua, Allah hadirkan kembali hari penantian itu. Selamat berakhir pekan calon tamu Allah," tulis @ritravel_id

Untuk diketahui, peraturan menjaga jarak sosial juga akan dicabut dan tempat-tempat umum, transportasi, restoran, bioskop, serta pertemuan lainnya akan diizinkan beroperasi dengan kapasitas penuh.

Penggunaan masker di ruang terbuka tidak lagi wajib untuk orang yang sudah divaksinasi dengan dosis penuh. Tapi, masyarakat harus tetap memakai masker di ruang tertutup dan area yang tidak dipantau oleh aplikasi pelacakan Tawakkalna.

Bagi jamaah yang telah menerima dua dosis vaksin lengkap juga dapat mengunjungi masjid sambil mengenakan masker dan menggunakan aplikasi pelacakan umrah. Aturan yang sama akan berlaku untuk Masjid Nabawi di Madinah. -dn