Kapolres Rohul Ajak Masyarakat Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif


Jumat, 15 Oktober 2021 - 21:49:12 WIB
Kapolres Rohul Ajak Masyarakat Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif Kapolres Rokan Hulu (Rohul), AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK lantik Pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas), Jumat (15/10/2021). | Foto : Istimewa.

RIAUIN.COM- Kapolres Rokan Hulu (Rohul), AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK mengajak masyarakat untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif. Hal itu disampaikannya pada acara pelantikan Pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas), Jumat (15/10/2021) di aula Rupatama Polres Rohul, Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah.

Pengurus Pokdar Kamtibmas Resort Rohul yang dilantik untuk Masa Bhakti 2021-2024 yakni sebagai Ketua, Supratman, Wakil  Ketua, Hendrik Halawa
Sekertaris, Yosep Yanto Siahaan, Wakil Sekretaris, Rediun Harianja, Bendahara, Antika Ramayani, Wakil Bendahara, Rina Rahayu.

Pada kesempatan itu, Kapolres menyampaikan fungsi Pokdar Kamtibmas, sebagai kepolisian terbatas yang mempunyai wewenang, apabila ada permasalahan di tengah masyarakat bisa diselesaikan terlebih dulu oleh Pokdar Kamtibmas melalui musyawarah.

"Pokdar Kamtibmas harus menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas," sebutnya.
 
Kapolres mengajak masyarakat untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif. 

"Jika ada permasalahan yang terjadi, agar kita tidak melakukan tindakan main hakim sendiri, karena  Pokdar Kamtibmas ini merupakan tugas pengabdian," sebutnya.

Eko menegaskan, anggota Pokdar Kamtibmas agar bisa menciptakan suasana aman dan tertib pada masyarakat 

"Ini perlu buktinya nyata, kemudian seperti apa konsistensi kita untuk mewujudkan," tuturnya.

Sementara itu Bupati Rohul, H Sukiman menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Kapolres dan seluruh anggotanya yang telah berupaya untuk menciptakan suasana aman dan tertib di daerah ini.

"Hal itu harus diawali dari diri kita sendiri bukan orang lain, kalau diri kita sudah dapat melakukan serta memberikan contoh. Seperti apa yang disampaikan Kapolres, berikan contoh di hadapan orang lain, supaya  apa yang kita lakukan harus benar-benar sudah sesuai dengan aturan," ujarnya. 

Acara tersebut juga dihadiri Waka Polres Rohul, Kompol Adi Prabowo SH SIK MH.  -yus