Jokowi Segera Lantik Megawati Soekarnoputri Sebagai Dewan Pengarah BRIN


Rabu, 13 Oktober 2021 - 12:08:44 WIB
Jokowi Segera Lantik Megawati Soekarnoputri Sebagai Dewan Pengarah BRIN Presiden Joko Widodo dan Mengawati Sukarno Putri/foto:Fajar.co.id

RIAUIN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Megawati Soekarnoputri sebagai dewan pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Rabu(13/10), sekira pukul 13.30 WIB di Istana Negara, Jakarta.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono belum dapat merinci nama-nama Dewan Pengarah BRIN. Namun, ia memastikan, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bakal dilantik sebagai Ketua Dewan Pengarah.

Adapun ketentuan mengenai BRIN tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2021. Perpres itu diteken Presiden Jokowi pada 28 April 2021. Pada Pasal 5 Perpres disebutkan bahwa BRIN terdiri atas dewan pengarah dan pelaksana.

Dewan Pengarah mempunyai tugas memberikan arahan kepada Kepala BRIN dalam merumuskan kebijakan dan penyelenggaraan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi menjadi landasan dalam perencanaan pembangunan nasional di segala bidang kehidupan yang berpedoman pada nilai Pancasila.

Adapun susunan Dewan Pengarah BRIN terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, dan anggota. Diketahui, Megawati merupakan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Sementara, Wakil Ketua Dewan Pengarah BRIN dijabat oleh unsur profesional dan/atau akademisi.

Kemudian, sekretaris dan anggota Dewan Pengarah dijabat oleh unsur profesional dan/atau akademisi di bidang penelitian, pengembangan, dan penerapan, serta invensi dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi paling banyak 7 orang. -dn