Seleksi CPNS, Bupati Rohul Ingatkan Peserta Jangan Percaya Calo


Rabu, 13 Oktober 2021 - 11:44:28 WIB
Seleksi CPNS, Bupati Rohul Ingatkan Peserta Jangan Percaya Calo Bupati Rohul Sukiman membuka pelaksanaan seleksi CPNS./foto: yusrizal.

RIAUIN.COM - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman mengingatkan para peserta seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) agar berhati-hati dengan aksi penipuan yang kerap terjadi. 

"Percaya diri sendiri dan serahkan semuanya kepada Allah. Jangan mau dimanfaatkan oleh oknum yang mengaku bisa meluluskan peserta dengan imbalan uang. Hati-hati dengan calo ini," pesan Sukiman, saat membuka secara resmi seleksi CPNS Rohul di Masjid Agung Islamic Center, Rabu (13/10/2021) pagi.

Sukiman menegaskan, seleksi penerimaan CPNS tidak dipungut biaya alias gratis. Untuk itu, diharapkan kepada peserta agar berhati-hati dalam mengerjakan soal yang diberikan. Karena kelulusan tergantung dengan nilai yang diperoleh.

“Kami khawatir seleksi penerimaan CPNS seperti ini ada juga oknum yang memanfaatkan kepanikan peserta atau memang niatnya menipu," ujar Bupati.

Dia menjelaskan Pemkab Rohul selalu berupaya agar seleksi CPNS yang transparan dan tidak bertanggungjawab apabila ada peserta yang menjadi korban oknum penipuan tersebut.

“Kalau ada yang oknum alias calo memberikan janji dan meminta sejumlah uang kepada peserta seleksi CPNS, dipastikan itu penipuan. Seluruh proses seleksi transparan dan diawasi petugas dari Badan Kepegawaian Daerah,” jelasnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Rohul Fatanalia Putra mengatakan, hari ini sebanyak 2.523 peserta mengikuti seleksi kompetensi dasar CPNS tahun 2021 di Houl Masjid Agung Islamic Center. Seleksi dilaksanakan selama 8 hari mulai 13 sampai 20 Oktober 2021.

Kuota Rohul tahun ini hanya berjumlah 201 formasi dengan rincian, untuk kesehatan 133 formasi sedanglan 68 formasi untuk mengisi kekurangan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Patanalia juga mengatakan tidak ada kong kalikong selama seleksi CPNS 
kendatipun yang ikut anak pejabat.

"Tes seleksi kompetenai dasar dan seleksi kompetesi bidang. Kita hanya fasilitator pelaksana, penentunya Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Seluruh rangkaian seleksi dipastikan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19," terangnya.

Selain Bupati, hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Indra Gunawan Plt Sekdakab Muhammad Zaky, Asisten Administrasi Umum Edi Suherman, Kepala BKPP Fhatanalia Putra, serta panitia seleksi daerah.--yusri.