Peringatan Maulid Nabi di Masjid Shuhada Ujung Batu, Wabup Rohul: Mari Kita Teladani Sifat Rasulullah


Ahad, 10 Oktober 2021 - 13:37:20 WIB
Peringatan Maulid Nabi di Masjid Shuhada Ujung Batu, Wabup Rohul: Mari Kita Teladani Sifat Rasulullah Wabup Rohul Indra Gunawan foto bersama dengan warga./foto:yusrizal.

RIAUIN.COM - Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu (Rohul) Indra Gunawan menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Syuhada Ujung Batu, Sabtu (9/9/21) malam. 

Pada kesempatan itu, Indra 
menyampaikan makna yang paling mendasar dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yakni untuk mengevaluasi sejauh mana Uswatun Hasanah yang melekat pada diri Rasulullah SAW dapat diteladani dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

"Sungguh merupakan kerugian, apabila acara seperti ini tidak mampu merubah perilaku kita ke arah yang lebih baik dari sebelumnya, baik dalam tatanan ibadah secara vertikal maupun horizontal melalui peningkatan iman dan taqwa serta semakin tingginya kesalehan sosial," kata Indra.

Menurut Indra keteladanan Rasulullah saat ini hampir punah. Untuk itu harus dihidupkan lagi yang diawali dengan menjalin silaturahmi, mempererat rasa kebersamaan, persaudaraan dan gotong-royong, mengingatkan masyarakat yang sudah kurang peduli lagi terhadap lingkungan.

"Banyak yang tidak memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan, padahal Islam merupakan agama yang mengajarkan ketertiban, keindahan, kebersihan dan kesehatan lingkungan, sebagaimana sabda Rosul dalam hadist bahwa kebersihan itu sebagian dari iman," jelasnya.

Namun demikian, Indra yang juga sebagai Ketua Pembina Masjid Syuhada kembali mengajak masyarakat
untuk menyimak kembali segala aspek kehidupan Rasulullah yang penuh dengan keteladanan.

"Untuk itu marilah kita bertafakur sampai sejauh mana kita dapat melaksanakan contoh tersebut dalam kehidupan sehari-hari guna mewujudkan masyarakat Rohul yang  Baldhatun Thoyyibatun wa’robbunGhofur," sebutnya.

Pada kesempatan itu Wabup juga mengingatkan pendemi Covid-19 masih ada, untuk itu diimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dengan menjalankan protokol kesehatan (prokes) yakni dengan melakukan 6 M.

Sedangkan  dalam Tausyiahnya Al Mukaromah Habib Koko Liem dari Ibukota mengangkat tema tentang bagai mana ciri–ciri umat muslim sebagai penghuni surga kelak nanti, serta sesi tanya jawab bersama para hadirin jamaah yang hadir dalam acara tersebut.--yusri.